CONTOH NASKAH PEMBAWA ACARA DAN TIPS MENJADI MC (PEMBAWA ACARA) YANG BAIK

CONTOH NASKAH PEMBAWA ACARA DAN TIPS MENJADI MC (PEMBAWA ACARA) YANG BAIK

Seorang pembawa acara (MC) hendaknya dipilih dengan mempertimbangkan bebrapa hal. Tidak benar jika pembawa acara bisa dilakukan setiap orang tanpa pertimbangan tertentu. Anggapan demikian itu sekurang-kurangnya memberikan kesan kurang profesional. Dalam kata lain disebutkan bahwa seorang pembawa acara suatu kegiatan yang tampil acak, atau tanpa persiapan dan pertimbangan jelas akan memberikan kesan pembawa acara yang amatiran. Apalagi jika bertindak selaku pembawa acara resmi, semacam : seminar, pesta resepsi pernikahan, dan lain-lain.

Untuk menjadi pembawa acara yang baik perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini : 

 1. Penampilan (Performance)
Dengan penampilan yang menarik, penonton atau pendengar tidak cepat merasa bosan.

 2. Sikap
Sikap pembawa acara hendaknya mampu menjadi penghubung antara kepentingan penonton dan pelaku kegiatan yang ditampilkannya.

 3. Bahasa
Tanpa dibekali kepandaian dalam memerankan kepintaran berbahasa, seorang pembawa acara tidak akan berhasil mengantarkan sebuah acara yang baik, bahkan sering menimbulkan kejengkelan pemirsanya.

 4. Wawasan
Seorang pembawa acara dituntut memiliki wawasan yang kuat dan luas. pembawa acara yang tidak memiliki wawasan yang luas terkesan picik, ragu, bahkan terlihat bengong dan terbatas.

 5. Komunikatif.
Seorang pembawa acara harus mampu komunikatif, artinya mampu menciptakan suasana yang baik istilahnya mengajak para audiens ikut merasakan atmosfir saat acara itu digelar dengan santun dan menarik.

Contoh Naskah Pembawa Acara
PERINGATAN HUT KEMERDEKAAN RI
Yang kami hormati Bapak Lurah Palangrejo,
Bapak Carik Palangrejo,
Bapak-bapak Ketua RW seluruh Palangrejo,
Ibu-ibu, Bapak-bapak dan hadirin yang kami muliakan,
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat malam dan selamat sejahtera, dengan mengucapkan syukur alhamdulillah, marilah kita bersama-sama berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena dengan rahmat-Nyalah kita semua bisa hadir bersama-sama di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.
Atas nama panitia kami menyampaikan terima kasih kepada hadirin, yang telah dengan tulus ikhlas menyempatkan diri menghadiri undangan kami dalam rangka ikut bersama-sama memeriahkan, memperingati hari besar nasional, hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indnesia yang ke-… yang kita cintai bersama ini. Semoga amal baik Bapak-bapak, Ibu-ibu dan hadirin semuanya itu mendapatkan balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Amin!
Hadirin yang kami muliakan, untuk memanfaatkan waktu baiklah segera saja kami bacakan susunan acara malam ini sebagai berikut :
     1.       Pembukaan
     2.       Sambutan Bapak Lurah Palangrejo
     3.       Laporan Panitia Pelaksana kegiatan
     4.       Peresmian pelaksanaan lomba.
     5.       Pengumuman juara lomba
     6.       Penyerahan hadiah
     7.       Penutup

Contoh Naskah Pembawa Acara
PESTA RESEPSI PERNIKAHAN/PERKAWINAN
Hadirin sekalian yang kami hormati,
Pengantin berdua yang kami sayangi,
Bapak Abdulah Faqih sohibul hajat yang kami hormati,
Assalamualaikum Wr. Wb.
Pertama-tama marilah dengan tulus ikhlas kita bersama-sama bersuyukur kepada Allah SWT, atas rahmat, taufiq, dan hidayah-Nya, atas rizki dan karunia-Nya kepada kita semuanya, sehingga dalam malam yang berbahagia penuh barokah ini kita seluruhnya dapat berkumpul bersama-sama mensyukuri sekaligus menyaksikan malam resepsi pernikahan mempelai berdua, ananda Agung Wiranata dan Siti Zulaika.
Hadirin yang berbahagia, pada malam yang berbahagia ini pula, telah kami susun acara resepsi pernikahan ini sebagai berikut :
     1.       Pembukaan
     2.       Sambutan keluarga kedua mempelai yang akan di wakili oleh bapak/ibu....
     3.       Acar pemberian ucapan selamat kepada kedua mempelai
     4.       Istirahat
     5.       Penutup
Demikian contoh naskah pembawa acara ini,,,semoga bermanfaat buat saudara saudari yang ingin mengembangkan bakat sebagai pembawa acara.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "CONTOH NASKAH PEMBAWA ACARA DAN TIPS MENJADI MC (PEMBAWA ACARA) YANG BAIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel