Cara Cek Pengirima Barang Lewat JNE

Cek Pengiriman Barang Lewat JNE – Sahabat kangsoma, saat ini kangsoma dalam masa keadaan galau, kenapa tidak ini adalah pengalaman pertama saya beli barang lewat online dengan nominal yang gede, pada hari ahad yang lalu admin membeli barang berupa camera digital dari Kota Jakarta tepatnya di toko camera.co.id
Alkhamdulillah pelayananya sangat memuaskan karena setelah admin transfer maka dari toko camera.co.id langsung dip roses dan langsung di kirim lewat JNE. Dan admin pun di kirim no Resinya.

Pada kesempatan kali ini adminakan berbagi bagaimana cara kita mengecek barang kiriman lewat JNE.  

OK sahabat kangsoma bias langsung cek ke TKP cara cek nomor resi JNE :
1. Sahabat kangsoma langsung Kunjungi website resmi JNE di www.jne.co.id
2. Masukkan pada kotak TRACE & TRACKING nomor resi JNE yang diberikan oleh penjual produk


3. Setelah anda masukkan nomor resi pada kotak TRACE & TRACKING maka klik tombol SEARCH


4. Setelah itu akan terlihat status pengiriman


5. Jika anda ingin rincian data pengiriman maka klik lagi pada nomor resi JNE nya

Catatan : Nomor resi JNE baru bisa dicek setelah jam 11 malam apabila penjual mengirim hari ini, karena semua paket yang diterima oleh biro akan dikirim terlebih dahulu ke kantor cabang utama dimasing-masing kota, kemudian baru didata di kantor cabang utama sehingga datanya akan terlihat di website resmi jne jam 11 malam.

cara tracking jne
Ok, yang jelas sobat udah punya nomor resi atau kalau di JNE disebut JNE Airwaybill. Kalau belum, ya minta ke penjualnya ya. Jika tulisan di kolom “status” masih tertulis “ON PROCESS”, artinya status kiriman kita masih dalam perjalanan.
cek pengiriman jne
Sekarang coba klik nomor resi kita yang ada dikolom “No. AWB”. Sobat akan melihat rincian histori pengiriman barang kita, mulai dari kota/kabupaten asal pengirim hingga status dimana barang kita sekarang berada. Yang perlu diketahui, pada bagian shipment status terdapat tiga baris status yang perlu diketahui. Ketiga status ini akan muncul bila barang memang sudah sampai di rumah/kantor kita. Ketiga status itu adalah Outbound, Delivery Time, dan POD detail. Saya ngga tau pastinya mengenai status tersebut. Tapi kalau mengingat pengalaman, maka outbound itu saya anggap waktu pengiriman berdasarkan barang sampai dibandara kota mana. Kemudian Delivery Time itu adalah status bahwa barang sudah ada di kantor JNE setempat kita berada. Terakhir, status POD detail adalah mengenai status bahwa barang sudah diterima di kantor/rumah kita dan siapa nama penerimanya.
Tip melakukan pengiriman dgn JNE:
1.               Selain nama lengkap anda, tulislah nama panggilan anda yg dikelan tetangga
2.               Pastikan alamat lengkap telah tertulis dgn benar
3.               Tulis keterangan tambahan mengenai lokasi alamat anda. Contoh: didepan gedung x, sebelah kiri kantor x, berpagar warna x, dll
4.               Jika di alamatkan ke kantor, tulis pula bagian; divisi; atau jabatan anda.
5.               Tulis pula nomor Telpon / HP dgn benar, dan jg masih aktif.
Lama pengiriman JNE:
·      JNE paket REG = 2 sampai dgn 8 hari kerja sejak paket dikirim, hal ini tergantung dgn kota tujuannya. Cth: Dari Jakarta=> ke Jakarta sekitar 1 sampai 2 hari kerja saja; sdg ke irian sekitar 7-8 hari kerja.
·      JNE Paket YES = hanya perlu 1 s/d 2 hari kerja saja dari tanggal kirim hingga sampai alamat tujuan.
Masalah-masalah yang sering terjadi:
·      Tertulis “data not found” atau “data tidak ditemukan” => ini biasanya karena kesalahan memasukkan nomor resi. Pastikan nomor resi sudah benar. Ingat tidak ada spasi diantara nomor resi tersebut. Silahkan cek contoh no resi diatas, atas di komentar-komentar tulisan ini. Namun bila nomor sudah benar tetapi masih menunjukkan hal demikian, kemungkinan data kiriman anda belum dimasukkan pihak JNE ke website mereka. Diperlukan sekitar 12 hingga 24 jam dari waktu pengiriman hingga data tersebut diinput dan bisa kita lihat.
·      Tertulis ‘Criss Cross’, artinya nama & alamat pada nomor pengiriman berbeda dgn yg ada pada paket. Ini terjadi karena kelalaian petugas, sehingga bisa memperlambat kiriman 2-4 hari kerja.
·      Tertulis ‘Mis Route’, artinya paket terkirim ke kota yg salah. Cth: harusnya ke kota surabaya, terkirim ke kota jogja. Keterlambatan bisa 2 s/d 5 hari kerja.
·      Tertulis ‘Redelivery / reschedule’, artinya ketika dikirim alamat belum ditemukan atau ketika dikirim tidak ada orang untuk menerimanya.
·      Tertulis ‘Kemalaman tidak diantar kurir’, ini bisa berarti bahwa paket anda hilang. Segera kontak JNE untuk minta pertanggungjawaban.
·      Tertulis ‘Nama Tidak Dikenal / Unknown consignee’, artinya penerima paket di alamat tujuan tidak mengenal nama yang tertulis di paket.
·      Tertulis ‘Alamat tidak ditemukan / Bad Address’, nah kalo ini artinya petugas JNE bener-bener menyerah karena tidak menemukan alamat tujuan. Jadi langsung ambil aja ke JNE terdekat ya.


 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Cek Pengirima Barang Lewat JNE"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel