Biografi Syeh Ronggo Kusomo Ngemplak, Margoyoso Pati

Biografi Syeh Ronggo Kusomo Ngemplak, Margoyoso Pati - Sahabat kangsoma, saat ini sudah memasuki bulan Safar, yang mana bulan ini mempunyai keistimewaan, baca keistimewaan Bulan Safar. Di samping itu juga pada bulan Safar ini, di Daerah Pantura yaitu Pati lor tepatnya di desa Ngemplak ada Khoul Wali Allah Syeh Ronggo Kusomo yang di Kholi setiap tanggal 10 Safar, Khoul Syeh Ronggo Kusuma merupakan upacara adat untuk memperingati hari kematian sesepuh desa yang telah berjasa dalam penyebaran agama Islam di desa Ngemplak Kidul.
Biografi Syeh Ronggo Kusomo Ngemplak, Margoyoso Pati

Sekilas Tentang Syeh Ronggo Kusumo


Desa Ngemplak kidul dibuka oleh Mbah Ronggo Kusumo beserta para murid dan keluarganya. Mbah Ronggo Kusumo adalah salah satu wali lokal yang menyebarkan agama Islam. Raden Ronggokusumo adalah putera Ki Agung Meruwut yang masih keponakan KH.Ahmad Mutamakkin. Ia diperintahkan untuk membuka tanah (menebang hutan) disebelah barat Desa Kajen. Perintah beliau dilaksanakan penuh tanggungjawab sehingga dalam waktu yang singkat (konon dalam waktu satu malam) tanah tersebut terlihat emplak-emplak, sehingga oleh beliau dinamai Desa NGEMPLAK.

Raden Ronggo Kusumo menetap di Desa tersebut dan berjasa besar dalam menyiarkan Agama Islam. Masyarakat desa Ngemplak Kidul dan sekitarnya sangat menghormati Mbah Ronggo Kusumo. Hari wafat beliau, 10 Sapar (Arab: Safar) diperingati sebagai "Khaul Syekh Ronggo Kusumo."

                          Acara Khoul Mbah Mutamaqin Kajen Tahun 2016

Prosesi upacara adat


Khoul Syeh Ronggo Kusuma diperingati pada tanggal 10 Sapar setiap tahun. Sebelum acara inti biasanya diadakan pengajian dan khotmil qur’an di masjid Syeh Ronggo Kusumo. Dalam acara tersebut banyak pengunjung yang datang ke masjid untuk ikut berpartisipasi dalam pengajian dan khotmil qur’an. Pada tanggal 10 Sapar akan diadakan acara “lelang kain kafan (mori)” yaitu melelang mori yang digunakan untuk menutupi kubur mbah Ronggo. 

Karena dalam setiap tahun kain kafan yang digunakan untuk menutupi kuburan mbah Ronggo harus diganti dengan yang baru. Bagi siapa yang berani menawar dengan harga yang tinggi berarti itulah yang mendapatkanya. Dalam lelang kain kafan bisa  mencapai 17 juta lebih.  Biasanya acara tersebut diadakan pada tanggal 10 Sapar di pagi hari.


Selain acara inti, biasanya diadakan pula acara-acara lain yaitu diadakan tontonan berupa drumband, barongan, ketoprak, dangdutan, wayang dll. Pada tanggal 10 Sapar, di makam mbah Ronggo banyak para pengunjung yang datang untuk berziarah, baik itu dari desa Ngemplak Kidul sendiri maupun dari luar desa Ngemplak Kidul. Selain pada hari peringatan tersebut, di makam mbah Ronggo juga tidak sepi oleh pengunjung untuk berziarah dan pada puncaknya yaitu setiap malam jumat wage. 

Para peziarah disini tidak mengharapkan berkah yang datang dari mbah Ronggo tersebut melainkan mengharapkan berkah dari Allah SWT melalui waliyullah yaitu Syeh Ronggo Kusumo. Jadi masyarakat di desa Ngemplak tidak menganggap kalau hal tersebut syirik karena mereka tidak meminta-minta kepada mbah Ronggo tetapi tetap meminta-minta kepada Allah dengan perantara mbah Ronggo.





Tonton Video Karnaval Khoul Mbah Ronggo Kusumo Ngemplak Tahun 2016


Tonton Video Karnaval Khoul Mbah Mutamaqin Kajen Tahun 2016




Di makam mbah Ronggo ini terdapat masjid yang biasanya digunakan para santri untuk menghafal Al-Qur’an dan digunakan para peziarah untuk membaca tahlil dan yasin. Biasanya para peziarah sangat khusu’ dalam berdo’a bahkan sampai ada yang terisak-isak menagis. Mereka yakin bahwa do’a mereka akan dikabulkan oleh Allah melalui perantara mbah Ronggo. 

Di kompleks makam mbah Ronggo ini juga digunakan oleh masyarakat desa Ngemplak Kidul sebagai pemakaman umum bagi masyarakat desa Ngempalk Kidul sendiri. Masyarakat desa Ngemplak Kidul sangat menghormati dan mengagumi perjuangan mbah Ronggo dalam menyebarkan agama Islam di desa Ngemplak Kidul. Oleh karena itu, setiap tanggal 10 Sapar diadakan Khoul Syeh Ronggo Kusumo.

Makam Syeh Ronggo Kusuma
• Lokasi Di Desa Kajen Kec. Margoyoso. Tepatnya terletak di Desa Ngemplak, Kecamatan Margoyoso,Kabupaten Pati, sebelah Barat Desa Kajen kurang lebih 2 KM.
• Obyek wisata yang dikunjungi Makam dan Masjid.
• Waktu kunjungan 60 menit (09.15 s/d 10.15)
• R. Ronggokusumo merupakan keturunan dari Sultan Demak, sebelum Membuat Masjid dan mengajarkan agama islam beliau adalah kepala perampok yang menjadi pengawasan dan buronan dari Sunan Mangkurat. Setelah Beliau bertemu dengan K.H. Achmad Mutomakin kemudian disuruh membuka hutan dan diajari temtang agama Islam sehingga tabiatnya berubah menjadi baik.


Demikianlah Tulisan tentang Biografi Syeh Ronggo Kusomo Ngemplak, Margoyoso Pati, semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Biografi Syeh Ronggo Kusomo Ngemplak, Margoyoso Pati"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel