Wisata Bicak Todanan Blora, Jawa Tengah

Wisata Bicak Todanan Blora, Jawa Tengah - Sahabat kangsoma sudahkah sahabat berwisata di daerah Todanan Blora tepatnya Desa Bicak Kecamatan Todanan Kabupaten Blora adalah desa yang terletak di Pegunungan Kapur Utara, dari pusat Kota Blora berjarak sekitar 50 km, di sebelah barat desa ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Pati dan sebelah utara berbatasan dengan Desa Sendang, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Kacangan.



Desa Bicak terdiri dari beberapa dusun, yaitu Dusun Bicak, Karangmuso, Dukuan, Mudal, Sadang.

Keadaan geografis Desa Bicak meliputi dataran yang berbentuk tanah yang terjal, oleh sebab itu banyak dari penduduknya yang bermata pencaharian sebagai petani palawija, dan sebagian kecil area persawahan yang terletak di Dusun Dukuan yang berbatasan dengan Desa Sendang, dan sebagian lagi wilayah Dusun Sadang.

Di Desa ini terdapat beberapa sumber mata air yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan penduduknnya, yaitu di dukuh karangmuso, mudal, sadang yang dikelola dengan baik oleh penduduk dengan kerjasama pemerintah desa.

Terdapat juga kolam pemancingan ikan " Sadang Asri " yang terletak di dukuh sadang, tempatnya asri dan penuh petualangan dan cocok dijadikan tempat hiburan bagi penghobi mancing mania.

Desa bicak mempunyai lokasi wisata petualang yang cukup terkenal yaitu wisata Gunung Cengklik, yang menjadi primadona wisata pegunungan yang masih asri dan sejuk.

GUNUNG CENGKLIK

Ketinggian 300 mdpl Letak Ds. Bicak, Kec. Todanan, Kab. Blora. Sebagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi bersama teman, saudara, dan pasangan. Keindahan pemandangan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang menginginkan suasana damai setelah sibuk beraktifitas. Suasana alami pedesaan yang masih asli menjadi tujuan yang tidak kalah menarik dengan berbagai panorama alam pegunungan dengan latar belakang hutan yang hijau dan membentang luas sampai wilayah kabupaten Pati. Wisata Gunung Cengklik semakin menarik pengunjung karena kekreatifan para pemudanya untuk membuat dan membangun fasilitas yang ada di puncak gunung tersebut.

Tempat wisata Gunung Cengklik dikelola sebaik-baiknya oleh para Pemuda Desa Bicak, dengan didukung Kepala Desa beserta para perangkatnya. Bagi yang ingin berkunjung, dari todanan ambil arah barat melalui jalur selatan sekitar 10 km, sampai desa Kacangan ambil arah utara sekitar 2 km, sampai Desa Bicak ada papan selamat datang ambil arah kiri sekitar 500 m. Dan bila memalui jalur utara dari Todanan lurus ke barat sejauh 10 km, sampai Desa Sendang belok kiri sekitar 2 km, sampai Desa Bicak lihat papan nama Wisata Gunung Cengklik. Akses menuju lokasi cukup mudah karena melalui jalan area pertanian yang sudah diperbaiki. Akan tetapi untuk mobil belum dapat masuk sampai dekat lokasi wisata karena kondisi jalan yang sempit.

Setiap hari para wisatawan cukup ramai berkunjung untuk menikmati keindahan pemandangan dari puncak gunung, apalagi pada hari minggu dan hari libur lainnya, pengunjung rela berbondong-bondong hingga mencapai ratusan. Dari pihak panitia hanya menarik retribusi senilai Rp 3000 sebagai biaya parkir saja. Murah kan??? Jadi tidak ada ruginya bagi anda para penghobi nge-trip untuk berkunjung.

Tonton video keseruan di Wisata Bicak Todanan Blora, Jawa Tengah


Desa Bicak Mempunyai Tempat yang dikeramatkan oleh semua penduduk karena dipercaya dahulu sebagai tempat petilasan, yaitu Sentono, dan pada tempat ini setiap setahun sekali diadakan perayaan sedekah bumi dengan hiburan pentas wayang kulit.

Jumlah Penduduk Kurang Lebih 2000 Jiwa yang terdiri dari usia anak - anak dan usia Dewasa.

Kepala Desa dijabat oleh Bp. Winto yang sudah menjabat selama dua periode.

Sekretaris Desa dijabat oleh Bp. Suparman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Wisata Bicak Todanan Blora, Jawa Tengah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel