Keutamaan Sholawat Nariyah Lirik Dan Artinya


Keutamaan Sholawat Nariyah Lirik Dan Artinya
Keutamaan Sholawat Nariyah Lirik Dan Artinya– Kangsoma.com, Kalau kita berbicara sholawat pasti akan teringat dengan junjungan nabi besar Muhammad SAW beliaulah yang  membawa risalah kepada umat manusia risalah yang membawa kita semua dalam zaman yang terang benerang ini.

Sholawat merupakan sebuah do’a kepada Allah SWT yang pahalanya disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW, sebagai rasa cinta mahabbah kita kepada Nabi Muhammad Yang telah menyelamatkan kita dari zaman kebodohan jahiliyah.

Dan kita selalu dianjurkan untuk selalu mengawali membaca sholawat ketika kita berdo’a memohon kepada Allah SWT, karena do’a yang diawali dengan sholawat insyaallah akan langsung tembus ke langit.

Keutamaan sholawat ini sudah dijelaskan dalam alqur’an bahwa yang bersholawat itu tidak hanya manusia saja melainkan Allah dan Para Malaikatnya, seperti yang ditulis dalam alquran yang  Yang isinya adalah karena Allah dan para malaikat-Nya juga melakukannya (ada pada Al-Qur’an surah Al-Ahzab ayat 56).

Dari banyaknya bacaan sholawat nabi, ada salah satu yang paling kita kenal dan hafal yaitu sholawat nariyah. Yup sholawat nariyah adalah sholawat yang disusun oleh Syekh Nariyah, Dimana Syekh Nariyyah ini hidup di zaman Rasulullah SAW dan termasuk salah satu sahabat nabi

Di dalam kitab Khozinatul Asror (hlm. 179) bahwa, “Salah satu sholawat yang mustajab adalah Sholawat Tafrijiyah Qurthubiyah, orang Maroko menyebutnya dengan Sholawat Nariyah.

Teks Lirik dan Artinya Sholawat Nariyah

 
بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِـــــــيْمِ
اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَ سَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِى تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَ تَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَ تُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَ تُنَالُ بِهِ 
الرَّغَائِبُ وَ حُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَ يُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَ عَلىٰ آلِهِ وِ صَحْبِهِ فِى كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ
“Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman. Taman ‘ala sayyidina Muhammadi lladzi tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdhobihil hawaaiju wa tunna lu bihiro ‘ibu wa husnul khotima wa yustaqol ghomawu biwajhihil kariim wa ‘ala aalihi washohbihi fii kulli lamhatin wa hafasim bi’adadi kulli ma’lu mi laka ya robbal ‘aalamiin”

Artinya :
“Ya Allah Tuhan Kami, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan yang sempurna atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, ditunaikan segala macam hajat, tercapai segala keinginan dan khusnul khotimah, dicurahkan rahmat dengan berkah pribadinya yang mulia. Kesejahteraan dan keselamatan yang sempurnah itu semoga Engkau limpahkan juga kepada para keluarga dan sahabatnya setiap kedipan mata dan hembusan nafas, bahkan sebanyak pengetahuan Engkau, Ya Tuhan semesta alam”

Keutamaan Sholawat Nariyah

 
Dari penjelasan diatas bahwa keutamaan sholawat nariyah adalah
  1. Ketika sholawat ini dibaca setiap hari sebanyak 11 kali, maka rizki akan turun dari langit dan tumbuh dari bumi, manurut  (Syaikh Muhammad at-Tanusi)
  2. Ketika sholawat ini dibaca setiap selesai shalat sebanyak 11 kali, maka rizkinya tidak akan terputus dan akan memperoleh derajat yang tinggi. Menurut (Imam Ad-Dainuri)
  3. Ketika Sholawat ini dibaca setelah sholat subuh sebanyak 41 kali, maka apa yang kalian panjatkan dan inginkannya akan terwujud.
  4. Ketika kalian baca sehari sebanyak 100 kali, maka harapannya semua akan terwujud, bahkan lebih dari yang diangankannya.
  5. Ketika kalian dibaca sehari sebanyak 313 kali dengan niat membuka tabir rahasia, maka ia semua akan melihat segala hal apa yang menjadi harapan-harapannya.
  6. Ketika kalian dibaca setiap hari sebanyak 1.000 kali, maka baginya kegiatan yang tidak bisa dibayangkan oleh siapa pun (mâ lâ ain ra’at wa lâ udzun sami’at wa lâ khathr fi qalb basyar/yang tak terindera mata, tak terdengar telinga, dan tak terbesit di hati manusia).
Demikianlah beberapa keutamaan sholawat nariyah, semoga kita bisa mengamalkan dan selalu bersholawat kepada nabi Muhammad SAW.

0 Response to "Keutamaan Sholawat Nariyah Lirik Dan Artinya"