5 TIPS PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI

Kangsoma.com – (karangwotan) Dampak penyebaran pandemi Covid-19 di Indonesia membuat banyak sekolah mulai dari jenjang PAUD sampai dengan jenjang perguruan tinggi memutuskan untuk meniadakan kegiatan belajar mengajar di sekolah atau tatap muka dan menggantikannya dengan metode belajar berbasis online atau daring. Hal tersebut diterapkan bertujuan untuk membatasi interaksi fisik secara langsung guna menekan penyebaran virus corona agar tidak semakin meluas. Seiring hadirnya dunia digital, maka pembelajaran berbasis online bukanlah suatu hal yang sulit, tetapi kemalasan lah yang membuat diri kita sulit untuk diajak maju.

 

Belajar berbasis online tentunya mempunyai tantangan tersendiri dan berdampak pada kehidupan saat ini, karena dianggap lebih bebas dan fleksibel, peserta didik justru dituntut agar lebih memiliki komitmen untuk melakukan pembelajaran secara mandiri di rumah, serta harus memiliki kemampuan tekhnologi yang memadai. Di samping memiliki kemampuan tekhnologi yang memadai, serangkaian perangkat tekhnologi lainnya harus siap di depan mata. Biasannya pembelajaran dilakukan melalui aplikasi zoom, google meet, google form, dan aplikasi lainnya. Bisa tidak bisa dan mau tidak mau kita harus harus bisa beradaptasi dengan kecanggihan tekhnologi saat ini.

 

Selain kita dipaksakan untuk beradaptasi dengan kecanggihan tekhnologi, terkadang rasa malas saat pembelajaran daring pun tetap terjadi, pembelajaran daring selain membosankan dan jenuh, terkadang juga membuat semua peserta didik tidak mudah untuk langsung bisa menangkap materi yang telah disampaikan oleh guru. Dan di samping itu peserta didik tidak bisa berkomunikasi langsung dengan temannya.

 

Lalu bagaimana caranya agar pembelajaran daring bisa dilakukan secara efektif? Simak beberapa tips di bawah ini untuk melakukan pembelajaran daring secara efektif saat pandemi covid-19, agar kamu tetap semangat belajar dan tidak mudah bosan:

1.     Motivasi diri sendiri untuk semangat belajar

             Motivasi dari sendiri sangat penting, dibanding motivasi dari orang lain. Jika kita benar-benar ingin belajar, niat yang tulus harus ditanamkan dalam hati sebelum pembelajaran dimulai. Motivasi dari diri sendiri merupakan niat yang memperkokoh keinginan kita.

2.     Selalu berkomunikasi dengan teman

        Berkomunikasi dengan teman sangat efektif untuk membantu menyelesaikan masalah disaat kita belum memahami materi yang disampaikan guru melalui daring. Caranya kita bisa membuat group chat khusus untuk membahas tugas yang diberikan guru. Dalam group chat tidak usah memasukkan banyak teman, cukup 5 teman atau 7 teman untuk melakukan kolaborasi dalm mengerjakan tugas.

3.     Membuat jadwal dan catatan pembelajaran

        Membuat jadwal dan catatan pembelajaran  merupakan langkah yang efektif juga untu membuat ingatan kita menjadi tajam. Jadi buatlah jadwal dan ringakasan catatan disetiap materi untuk mempermudah memahami materi yang telah disampaikan oleh guru.

Jika ada link vidionya bisa diputar kembali dan mencatat materi yang inti dan yang penting-penting saja.

4.     Tetap istirahat yang teratur

          Atur waktu belajar kamu agar kamu tidak mengulur-ngulur waktu dalam mengerjakan tugas. Biasakan fokus dan mengerjakan tugas di awal waktu, jadi waktu untuk istirahat pun tetap terjaga dan teratur, dengan mempunyai waktu istirahat yang teratur, tubuh kita pun akan sehat, rileks dan bugar.

5.     Mencari tempat yang nyaman untuk belajar

     Tempat yang nyaman merupakan salah satu kunci agar belajar tetap fokus lho? Kamu bisa mencari tempat belajar di sudut rumah yang kamu anggap nyaman, atau kamu bisa membuat tempat belajar kamu tidak membosankan dengan menghias kamar dan meja belajarmu seunik mungkin, sehingga membuat kamu tambah konsentrasi dan semangat dalam belajar.(Penulis : Purnitasari KKN MDR INKARNAS PIAUD IPMAFA 2020)

Oke….selamat mencoba !!

 

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel