5 Hal Penting Dalam Mencegah Virus Covid - 19

 


Pandemi Covid-19 hingga saat ini masih melanda warga negara Indonesia, setiap hari korban virus corona masih sterus ada disetiap daerah. Maka dari itu pemerintah masih terus mengkampanyekan untuk selalu waspada dan melakukan pola hidup sehat, agar virus corona tidak menyebar ke mana-mana. Dengan melakukan pola hidup sehat secara terus menerus virus corona tidak akan berani menempel pada tubuh kita. Pemerintah tidak henti-hentinya memberikan edukasi kepada masyarakat guna pencegahan covid-19, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

 

Pencegahan tertulararnya covid-19 sangat penting sekali dan akan berdampak pada kesehatan tubuh kita, tidak cuma pada tubuh kita, tetapi juga kepada lingkungan sekitar kita. Hidup sehat sebenarnya tidak sulit, kalau kita membiasakan melakukannya setiap hari, secaraterus menerus , serta saling mengingatkan anatar sesama saudara kita,  sehingga upaya pencegahan tertularnya virus covid-19 akan membawa dampak secara signifikan dan efektif.             

 

Ada 5 hal penting pencegahan dini yang harus dilakukan agar terhindar dari tertularnya virus corona tersebut, diantaranya sebagai berikut:

 

 

 

1.        Tetap tinggal di rumah

Tetap tinggal dirumah merupakan solusi terbaik untuk meminimalisir penyebaran virus corona dan merupakan pencegahan tertularnya virus corona, karena dengan tetap tinggal di rumah, kita akan menghindari kerumunan bersama banyak orang, dan kita juga termasuk orang yang peduli akan kesehatan pada diri kita sendiri dan orang lain.

2.        Cuci tangan pakai sabun

Mencuci tangan adalah hal yang sangat penting dalam upaya pencegahan tertularnya virus corona, tetapi mencuci tangan bukan sekedar mencuci begita saja, akan tetapi mencucui tangan yang baik adalah dengan menggunakan sabun serta pada air yang mengalir. Langkah-langkah mencuci tangan yang baik dan benar sesuai aturan WHO adalah sebagai berikut:

a.       Basahi tangan dengan air yang mengalir lalu tuangkan sabun

b.      Gosoklah kedua telapak tangan

c.       Gosok punggung tangan secara bergantian

d.      Gosok sela-sela jari tangan kanan dan kiri secara bergantian

e.       Gosoklah jari-jari tangan pada telapak tangan dan diputar

f.       Gosoklah ibu jari kanan dan kiri secara bergantian dan dengan diputar

g.      Gosoklah jari-jari tangan kanan  yang tergenggam ditelapak tangan kiri dan sebaliknya.

h.      Terakhir bilas dengan air dan keringkan pakai serbet atau dengan tissu.

 

 

 

3.        Tidak berjabat tangan

 Tidak berjabat tangan adalah salah satu pencegahan yang efektif untuk mengurangi tertularnya virus corona. Karena dengan tidak berjabat tangan, berarti kita sudah  menghindari kontak secara langsung dengan orang lain. Tidak berjabat tangan ini diberlakukan terhadap orang yang sakit ataupun orang yang sehat. Kenapa demikian? Karena tangan merupakan bagian anggota tubuh yang sering menyentuh berbagai permukaan seperti pada wajah, hidung kepala, mulut dan permukaan lannya, nah dari situlah virus akan cepat menempel dan masuk ke tubuh kita.

 

4.        Jaga jarak

 Menjaga jarak atau social distancing, ini juga termasuk salah satu pencegahan tertularnya virus corona. Jaga jarak merupakan pencegahan yang efektif untuk tertularnya virus corona. Karena dengan jarak minimal 1 meter sampai 2 meter, secara otomatis kita tidk melakukan kontak fisik dengan orang lain.

 

5.        Selalu gunakan masker jika keluar rumah

Menggunakan masker ketika keluar rumah merupakan salah satu pencegahan tertularnya virus corona, karena dengan memakai masker akan mengurangi resiko tertularnya virus corona melalui droplet. Saat sehat ataupun sakit flu wajib mengenakan masker. (Penulis : Sismawati, KKN MDR SINERBA IPMAFA PIAUD)

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel