BERSAMA 3M CEGAH COVID-19



kangsoma.com - Covid19 merupakan suatu virus yang menyebar di Indonesia sejak Bulan Februari  2019. Hingga sekarang pandemi pun juga belum mereda. Banyak yang mengatakan bahwa covid19 hanyalah sandiwara pihak tertentu yang terus dimainkan, sehingga rakyat merasa sangat dirugikan. Bagaimanapun keadaan pandemi sekarang ini, kita sebagai warga negara yang baik setidaknya harus mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Apa semua ? yaitu 3M (Memakai Masker, Mencuci tangan, dan menghindari kerumunan).

 

Mengapa kita harus mengikuti protokol kesehatan ? karena dalam pepatah mengatakan bahwasanya “Mencegah lebih baik daripada mengobati”. Jadi selalu berusahalah untuk menjaga diri kalian dengan cara menerapkan 3M dengan baik dan benar. Bagaimana caranya ?

Untuk menerapkan 3M yang baik dan benar, ikutilah langkah-langkah berikut :

1.    Memakai masker.

Dimasa pandemi kita diwajibkan memakai masker ketika keluar dari rumah, karena ketika diluar kita sudah tidak bisa mengontrol diri kita untuk selalu berkomunikasi dengan orang lain. Selain itu juga memakai masker dapat menurunkan resiko penyebaran virus covid19. Menurut penelitian para ahli masker yang baik untuk digunakan yaitu masker bedah. cara penggunaan masker yang benar adalah sebagai berikut :

  1. Pilihlah masker yang benar-benar bisa menangkal virus minimal 50%. 
  2. Sebelum memakai masker usahakan tangan kita bersih dari kuman. Cucilah tangan kita terlebih dahulu atau bisa juga dengan menyemprotkan handsanitizer ditangan kita 
  3. Usahakan tidak menyentuh masker selama masker digunakan 
  4. Gunakan masker untuk menutupi hidung dan mulut, jangan digunakan untuk menutupi mata. 
  5. Ketika sudah selesai digunakan masker harus segera dilepas melalui tali belakang. 
  6. Jangan lupa membungkus masker yang akan dibuang.

 

2.     Mencuci tangan

Dimanapun kita berada, kita harus selalu menjaga kebersihan diri kita dari berbagai kuman yang menempel ditangan kita yang disebabkan oleh aktivitas sehari-hari kita. Yakni dengan cara selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun atau bisa juga dengan menggunakan handsanitizer. Selalu sediakan handsanitizer di kantong/di tas kita dimanapun kita berada.

Berikut cara mencuci tangan dengan benar :

  1. Cucilah dengan menggunakan sabun, baik itu sabun cair ataupun sabun padat. Baik       dengan sabun mahal maupun sabun yang ada di pasaran. 
  2. Tuangkan sabun di telapan tangan dan gosok kedua telapak tangan dengan menggunakan sabun. 
  3. Basuhlah menggunakan air yang mengalir 
  4. Bila sedang diluar rumah dan tidak ada tempat cucian tangan, maka gunakanlah handsanitizer agar tangan selalu aman dari kuman dan bakteri yang menyebabkan virus mudah menempel di badan kita.

 

3.    Menghindari kerumunan

Berkerumun merupakan suatu hal yang tidak disarankan pada masa sekarang. Karena mengingat bahwa covid19 merupakan virus yang bisa menyebar kapanpun dan  melalui siapapun. Jadi jangan sampai menciptakan klaster baru penyebaran virus covid19.

Bagaimana cara melakukan sosial distancing ?

  1. Selalulah melakukan berbagai macam aktivitas kita dirumah sesuai dengan anjuran pemerintah. 
  2. Selalu menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter 
  3. Jangan melakukan komunikasi secara langsung dengan seseorang tanpa menggunakan masker. 
  4. Lakukan berbagai macam komunikasi lewat telpon. 
  5. Jangan lupa untuk selalu meningkatkan kekebalan tubuh kita. Karena ketika imun tubuh kita menurun maka jenis virus apapun itu dapat dengan mudah masuk ke tubuh kita.

 

Jangan lupa untuk selalu meningat pesan ibu yaitu dengan  mematuhi protokol kesehatan ya gaes.

Cegah penyebaran virus corona mulai dari diri kita sendiri.

Penulis :

Nama : Ina windarsih

Nim : 17.12.00198

Prodi : Piaud

Kelompok Kkn Mdr Inkarnas


 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel