HAND SANITIZER , SEBERAPA PENTINGKAH ?


kangsoma.com (mahasiswi IPMAFA) Menjaga kebersihan merupakan kewajiban yang harus senantiasa dilakukan kapanpun dan siapapun.menjaga kebersihan tangan adalah salah satu yang terpenting, karna tangan merupakan bagian tubuh yang rentan dan merupakan tempat yang mudah menjadi sarang virus serta bakteri.

 

Tangan adalah salah satu organ tubuh yang sering digunakan untuk berinteraksi kuman maupun virus.contoh saja ketika kita beraktivitas sepertimemegang pintu, stir mobil .dsb. tanpa disadari setelah memegang benda tersebut tanpa cuci tangan,tangan kita gunakan untuk makan, pada saat itulah kuman dan virus masuk kedalam tubuh melalui makanan yang kita konsumsi.

 

Akibat yang ditimbulkan dari meremehkan kebersihan tangan ada 2 dampakyang ditimbulkan, yaitu dampak ringan dan berat. Seperti flu,batuk,diare hingga virus corona .Cara terbaik guna pencegahan infeksi maupun dampak dari virus covid19 adalah dengan mencuci tangan secara rutin dingin air mengalir dan dengan memakai sabun.

 

Sayangnya, ada beberapa kondisi dimana kita mengalami kesulitan mendapatkan air bersih untuk mencuci tangan, dalam kondisi tersebut hand sanitizer bisa menjadi salah satu opsi untuk menjaga kebersihan tangan dari kuman dan virus yang menempel.

 

Apa itu hand sanitizer ? hand sanitizer adalah cairan pembersih yang digunakan untuk membersihkan tangan yang berasal dari alkohol  sebagai alternaatif pengganti air dan sabun,hand sanitizer dipercaya mampu membunuh mikroorganisme ,kuman,dan virus yang menempel ditangan juga termasuk kedalam upaya pencegahan penyebaran covid19.

 

Perlu kamu tahu, hand sanitizer memiliki banyak manfaat seperti :

 

A.     Menjaga Kebersihan dan Mencegah Bakteri : Produk ini dirancang untuk membunuh kuman dan mikroorganisme berbahaya sehingga aman jika diaplikasikan pada kulit tangan apabila dilakukan dengan benar.

 

B.     Dapat Digunakan untuk Benda Lain : Selain digunakan pada kulit tangan, hand sanitizer juga bisa diaplikasikan untuk membersihkan benda mati di sekitar kita. Misalnya saja untuk membersihkan layar hp dan laptop, membersihkan pegangan pintu, serta alat makan saat tidak tersedianya air. 

 

C.      Fleksibel Saat Dibawa Bepergian:  Hand sanitizer biasanya dikemas dalam bentuk gel atau spray dalam ukuran botol yang mini, sehingga dapat dengan mudah dibawa di dalam tas kapan dan dimana saja.

 

Di samping segudang manfaat hand sanitizer sebagai protokol pencegahan penyebaran covid-19, pengunaan yang terlalu sering, dapat membuat kulit tangan menjadi kering disebabkan kandungan alkohol yang terdapat di dalamnya.( penulis : Rumisih KKN MDR ABHINAYA 2020)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel