Hijrah Pola Hidup Sehat

         

 

Profil Penulis

NAMA  : PURNITASARI 

NIM      : 17.12.00211

PRODI  : PIAUD

JUDUL  : Hijrah Pola Hidup Sehat

Kelompok Kkn Mdr Inkarnas

Dalam suatu Hadist disebutkan bahwa kebersihan itu adalah sebagian dari iman. Pola hidup sehat dan bersih nerupakan bentuk dari satu implementasi kita sebagai seorang muslim yang beriman. Di tengah masa Pandemi  Covid-19 ini dengan diberlakukannya pembatasan berskala besar (PSBB), selalu jaga jarak dengan siapa saja, mencuci tangan dengan air dan sabun, serta selalu memakai masker, semua itu adalah sebuah ikhtiar atau usaha kita sebagai hamba Allah. Dengan diadakannnya peraturan tersebut adalah bertujuan untuk memutuskan penyebaran penyakit Covid-19. Pemberlakuan peraturan pemerintah tersebut tidak akan menunjukkan hasil yang signifikan, tanpa didukung perubahan untuk hijrah ke pola hidup sehat.

            Hijrah adalah suatu perjalanan menuju Allah, jadi hidup manusia adalah sebuah perjalanan menuju kedekatan kepada Allah dalam meraih ridlo-Nya sebagai tujuan dan orientasi sebagai seorang muslim. Hijrah hakiki adalah merupakan transformasi mental spiritual dari sikap dalam penghambaan tehadap semua tujuan menuju Allah. Hijrah dapat dimaknai dalam rangka melanjutkan hidup yang lebih berorientasi ke masa depan demi meraih kebahagiaan dunia dan akhirat. Esensi hijrah merupakan transformasi dinamis merubah cara berpikir, bersikap, dan bertindak positif  sesuai norma yang sarat dengan nilai-nilai relegius secara universal. Sedangkan hijrah menuju pola hidup sehat adalah dimaknai sebagai ikhtiar atau usaha untuk berhati-hati dalam mengantisipasi datangnya suatu penyakit.

Situasi pandemi Covid-19 dan penerapan segala peraturan yang terkait dengan penularan virus corona ini merupakan saat yang tepat, untuk  semua umat manusia di dunia melakukan instrokpesi dan merefleksi diri terhadap kesehatannya masing-masing.

Penyebaran virus corona ini memaksakan kita untuk mengubah kehidupan baik dikota maupun di desa untuk melakukan hijrah pola hidup sehat dan bersih. Pemerintah harus siap memberdayakan masyarakat untuk menuju ke kehidupan  yang  lebih bersih agar terjadi pola hidup sehat. Harapan pemerintah, melalui sosial media, siaran televisi, media cetak  masyarakat akan meningkatkan kesadaran tentang pola hidup yang lebih bersih dan sehat. Pola hidup sehat ditunjukkan dengan memberikan teladan kebajikan kepada lingkungan sekitar sehingga dapat menginspirasi semua orang untuk berpikir dan bertindak melakukan pola hidup sehat dan bersih sepanjang hayat.

            Salah satu hijrah menuju pola hidup sehat dalam upaya memutus penyebaran virus corona ini adalah menjaga kebersihan dan kesehatan itu dimulai dari rumah yaitu keluarga.

Hijrah menuju pola hidup sehat terkait Covid-19 ini, bisa dimulai dari pembiasaan melakukan cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, menghindari kerumunan dan selalu jaga jarak, memakai masker setiap keluar rumah, selalu konsumsi makanan sehat yang matang dan direbus, istirahat yang cukup, rajin olahraga yang teratur, dan rajin membersihkan rumah.

            Melalui hijrah pola hidup sehat, kita dituntut utuk menampilkan contoh Mendidik dengan cinta yang tulus terhadap sesama, mulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga, tetangga, sekolahan, dan samapai ke masyarakat luas. Sehingga dari hijrah menuju pola hidup sehat melalui ikhtiar atau usaha adalah termasuk kepedulian kita terhadap Pandemic Covid-19, semoga akan terwujud dan mencapai ridha Allah sebagai hamba yang beriman. Serta terwujudnya bangsa Indonesia ini bangsa yang peduli akan kebersihan dan kesehatan. Oleh karena itu mari kita semua warga negara Indonesia untuk melakukan hijrah pola hidup sehat sesuai dengan peraturan pemerintah, sebagai bukti cinta kita  dan kepedulian kita terhadap tanah air .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel