Menanam Sebagai Sarana meningkatkan Imun ditengah Pandemi

Puput Prasasti KKN MDR ABHINAYA

kangsoma.com(mahasiswi ipmafa) Tahun 2020 menjadi  salah satu tahun yang berbeda dengan tahun sebelumnya.karena sejak bulan maret hingga saat ini negara kita dilanda pandemi yang dinamakan sebagai virus covid19. hal ini menyebabkan adanya kebiasaan baru yang muncul akibat adanya pandemi tersebut.kebiasaan tersebut  terbentuk karena adanya peraturan agar masyarakat melakukan aktifitas di rumah saja.Hal ini tak heran menjadikan masyarakat bosan dan bingung untuk melakukan aktifitas apa agar dapat tetap produktif di tengah pandemi.

 

Banyak masyarakat mencari kesibukan dan aktifitas untuk meghindari adanya kebosanan dan menghindari setres. bertanam menjadi salah satu opsi yang banyak dipilih untuk mengusir kebosanan tersebut. alasan mereka memilih opsi ini pun  bermacam-macam. selain karna menghemat bertanam juga mampu terhindar dari setres . karna faktor estetika dari bertanam mampu  menjadikan energi positif , yang baik untuk tubuh.

 

Covid 19 sudah ditemukan di beberapa negara didunia, salah  satunya negara Indonesia .virus ini membuat dunia resah ,  karna virus ini menyebar dengan cepat dan menyebabkan kematian.Virus covid adalah salah satu kelompok virus yang sudah lama diketahui mampu menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan sehingga menyebabkan gejala yang bervariasi mulai dari pilek ringan,batuk, hingga sesak nafas.

 

Virus covid ini merupakan jenis virus baru yang mampu menyerang manusia. Virus ini menyerang saluran pernapasan manusia.oleh karena itu,tubuh manusia harus mempunyai kekebalan dan imunitas Virus corona merupakan virus baru yang menyerang manusia .oleh karna itu dibutuhkan kekebalan tubuh dan imun yang bagus agar tidak  terinfeksi oleh  virus corona ini.

 

Sama seperti infeksi saluran pernapasan lainnya, covid19 juga menyerang saluran pernapasan .infeksi COVID-19 menimbulkan berbagai macam gejala. Beberapa gejala yang dimaksud, misalnya:

·                 Mudah lelah

·                 Nyeri sendi

·                 Batuk kering

·                 Pilek

·                 Hidung tersumbat

·                 Nyeri tenggorokan

·                 demam

·                 Diare

Oleh karna itu banyak orang yang merasa khawatir dengan covid ini. untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan imun ini , ada beberapa hal yang bisa dilakukan. salah satunya adalah bertanam. Akhir-akhir ini bertanam menjadi salah satu trend ditengah pandemi saat ini .

 

Kegiatan bertanam memberi manfaat baik untuk kesehatan mental hal ini dikarenakan bertanam berkaitan dengan hakikat hidup yang selalu berdekatan dengan alam.Manfaat dari bertanam yang bisa didapatkan sebagai berikut :

Mengurangi tekanan

Bercocok tanam bisa menjadi salah satu hal yang bisa mngurangi tekanan ,hal ini disebabkan aktivtas ini mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga pikiran menjadi lebih tenang dan terhindar dari setres.

 

Mengurangi depresi

Beberapa penelitian mengatakan bahwa hidup dengan tumbuhan dan alam mampu membantu meningkatkan suasana hati dan pikiran yang lebih baik sehingga mampu menurunkan depresi dibandingkan dengan berjalan jalan di kota.

 

Menjaga kesehatan otak

Menanam tanaman mampu membantu menjaga kesehatan otak .karena saat menanam seseorang lebih fokus dengan apa yang dikerjakan.jika aktfitas ini dilakukan dengan rutin akan melatih fokus seseorang yang bagus untuk membantu terbentuknya saraf neuron sehingga otak mampu berfungsi dengan baik.

 

Hidup menjadi lebih produktif.

Menanam tanaman mampu membuat seseorang menjadi lebih produktif. ini dikarenakan jika ada aktifitas yang dilakukan untuk merawat tanaman tersebut membuat seseorang mempunyai kesibukan sehingga hidup menjadi lebih produktif dan juga aktif .( penulis : Puput Prasasti KKN MDR ABHINAYA 2020 IPMAFA PATI)

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel