Tips Ringan Mencegah Penyebaran Virus Covid -19


 

Saat ini dunia tengah dilanda wabah penyakit yang disebabkan oleh virus corona atau lebih dikenal dengan istilah COVID-19 (Coronavirus Diseases-19). COVID-19 (Coronavirus Diseases-19) adalah virus penyakit temuan jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Adanya virus ini dimulai dari Negara tetangga yakni Negara Cina, tepatnya di kota Wuhan yang terjadi pada akhir tahun 2019 dan berdampak sampai sekarang. Virus COVID-19 (Coronavirus Diseases-19)  ini dikatakan sangat berbahaya dikarenakan penularannya yang begitu cepat bahkan sampai sekarang belum ada vaksin untuk membasmi virus COVID-19 (Coronavirus Diseases-19)  ini. Virus COVID-19 (Coronavirus Diseases-19) ini bisa menyerang siapa saja, seperti bayi, anak-anak, orang dewasa, dan lansia (usia lanjut), juga termasuk ibu hamil dan ibu menyusui. 

 

Tanda  dan  gelaja  umum  infeksi COVID-19  (Coronavirus Diseases-19)  antara   lain   gejala   gangguan pernapasan  akut, seperti  demam,  batuk,  dan sesak napas. Masa inkubasi rata-rata 5-6 hari dengan  masa  inkubasi  terpanjang  14  hari. Ada beberapa gejala lain yang muncul pada infeksi virus corona seperti : Diare, Sakit Kepala, hilangnya kemampuan mengecap rasa, hilangnya kemampuan penciuman, dan ruam pada kulit. Adanya dugaan infeksi virus corona COVID-19 (Coronavirus Diseases-19)  disebabkan oleh hewan ke manusia. Namun, setelah di teliti diidentifikasi bahwa virus corona COVID-19 (Coronavirus Diseases-19) juga menular dari manusia ke manusia.

 

Virus Corona COVID-19 (Coronavirus Diseases-19) memang dapat menginfeksi siapa saja, tetapi virus Corona COVID-19 (Coronavirus Diseases-19) ini efeknya akan lebih berbahaya bila seseorang adalah perokok akut, dan mempunyai daya tahan tubuh yang lemah. Virus Corona COVID-19 (Coronavirus Diseases-19) juga beresiko tinggi dapat menginfeksi para tenaga medis yang merawat pasien COVID-19 (Coronavirus Diseases-19). Oleh karena itu, para tenaga medis perlu menggunakan alat pelindung diri (APD).

 

Munculnya virus COVID-19 (Coronavirus Diseases-19) ini berdampak pada aspek ekonomi,sosial,dan juga pendidikan. Banyak negara termasuk Indonesia mengambil kebijakan memberlakukan lockdown. Di Indonesia sendiri diberlakukan kebijakan baru yakni (PSBB) Pembatasan Sosial Berskala Besar yang melibatkan banyak orang kini mulai dibatasi seperti bekerja, bersekolah, beribadah dan lain sebagainya. Dalam melakukan segala kegiatan sekarang dilaksanakan  dari rumah untuk menekan angka pasien yang terpapar COVID-19 (Coronavirus Diseases-19).

 

Penularan virus corona COVID-19 (Coronavirus Diseases-19) dapat terlular dengan berbagai cara yaitu : tidak sengaja menghirup percikan ludah (droplet) dari bersin atau batuk yang keluar dari penderita COVID-19. Menurut WHO virus Corona COVID-19 (Coronavirus Diseases-19) menyebar dari manusia ke manusia melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut yang dapat tersebar ketika tetesan tersebut jatuh ke benda yang banyak disentuh oleh orang lain. Kemudian orang tersebut menyentuh bagian wajah seperti marta, hidung, dan mulut.

 

Untuk melindungi diri kita dan orang lain dari penularan virus Corona COVID-19 (Coronavirus Diseases-19) ikuti saran yang diberikan oleh otoritas kesehatan, pencegahan penyebaran virus Corona ini dapat dilakukan hal-hal sebagai berikut :

1.        Sering mencuci tangan. Menggunakan sabun dan air atau bisa juga menggunakan cairan pembersih tangan yang berbahan alcohol atau sering kita sebut dengan hand sanitizer

2.        Selalu jaga jarak terutama dengan orang yang batuk atau bersin

3.        Menggunakan masker jika berpergian

4.        Hindari sering menyentuh mata, hidung, dan mulut

5.        Saat bersin atau batuk, tutup mulut dan hidung dengan lengan, atau tisu

6.        Tidak keluar rumah jika merasa tidak enak badan

7.        Jika merasakan gejala-gejala yang di takutkan terindentifikasi corona segera memeriksakan diri ke dokter. Hubungi dahulu pihak medis agar pelayanan kesehatan yang mengarahkan ke fasilitas kesehatan.

 

 Penulis :

NAMA : YAYUK ASMOROWATI

NIM : 17.12.00244

PRODI : PIAUD IPMAFA

KELOMPOK KKN MDR INKARNAS

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel