Bangkit Kembali Selama Pandemi

Muhammad Aliya Mulana KKN MDR ASTAGINA 2020

Kangsoma.com(Mahasiswa IPMAFA)Dimasa pandemi saat ini, sebagian besar bahkan seluruh masyarakat begitu dibingungkan oleh keadaan yang sangat berubah drastis. Bahkan bisa dikatakan belum pernah terjadi sebelum-sebelumnya. Yang mana masyarakat dituntut untuk mampu dan tetap bertahan ditengah krisis pandemi yang seakan-akan membuat perekonomian hancur seketika. Berbeda dengan sektor perdagangan dibidang online, justru menjadikan momen ini sebagai jalan keluar untuk semakin meningkatkan produksi dengan melakukan terobosan-terobosan baru untuk menemukan suatu ide dan gagasan terbaru agar perekonomian terutama disektor perdagangan semakin meningkat. Perdagangan yang menggunakan metode online, pasar yang dicakupnya tidak hanya lokal saja, bisa saja menembus pasar nasional bahkan tidak menutup kemungkinan mampu menembus pasar internasional.

 

KKN MDR ASTAGINA IPMAFA 2020

Pada kelompok KKN Astagina juga mengadakan pelatihan dodolan online. Dimana dalam pelatihan ini para peserta akan dibekali dengan cara-cara berjualan online dengan baik dan benar serta tepat sasaran sesuai target yang diinginkan. Para peserta akan dibimbing dari awal proses pembuatan toko online hingga goal mampu menjual produk yang dimiliki secara online di toko mereka.

Tidak sedikit juga gagasan dan ide-ide baru bermunculan dibidang pendidikan dimasa pandemi saat ini. Juga banyak dari kita yang sebelum ada pandemi, model pembelajaran daring tidak begitu familiar yang kemudian menjadi sebuah kebutuhan yang harus dilaksanakan bagi para guru terutama yang akan disampaikan kepada anak didiknya. Guru-guru dapat memilih metode pembelajaran daring yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan dari pelajaran yang diampunya. Dari sinilah kemampuan ide-ide baru guru dibutuhkan. Guru yang biasanya dalam proses pembelajaran dilakukan dengan tatap muka di kelas, menulis dipapan tulis, menugaskan tugas anak dikertas, dan penyampaian materi yang disampaikan secara langsung, kini harus di lakukan secara jarak jauh secara daring. Oleh sebab itu, kini guru-guru mampu mengoperasikan beberapa sistem telekomunikasi jarak jauh yang mungkin sebelumnya sama sekali tidak tersentuh oleh mereka. Seperti aplikasi Zoom, Meet, Classroom, dan lain sebagainya.

 

Tidak jarang kreaktivitas lahir dari gagasan dan ide dari pemikiran-pemikiran  kecil. Kemudian tertuang dalam karya. Dan di aplikasikan untuk dapat dinikmati oleh semua orang. Sepertinya kreativitas semakin banyak lahir disektor digital elektronik. Melihat perkembangan kondisi pandemi saat ini, sarana-sarana media telekomunikasi semakin banyak dibutuhkan. Seperti karya yang kami buat bersama dengan teman-teman Perbankan Syariah Ekstensi IPMAFA dengan nama S.E Production, dimana kami menyediakan jasa lempar zoom ataupun acara-acara lain secara daring ke sosial media melalui facebook dan youtube secara live. Mungkin aplikasi-aplikasi semacam ini sudah ada sejak dulu, tapi dilihat dari sisi fungsinya, aplikasi semacam ini sangat dibutuhkan dimasa pandemi saat ini. Terutama bagi teman-teman yang sedang menjalani KKN MDR secara daring.

Terkait pandemi saat ini bukanlah menjadi penghalang kreativitas. Justru menjadikan kreaktivitas baru bermunculan dan bahkan bisa dinikmati oleh banyak orang. Modal awal yang memunculkan kreasi baru dari berbagai bidang adalah semangat yang tak pernah padam. Jika kita takut untuk mencoba maka seberapa banyak kita punya ide-ide baru untuk berkreasi tidak akan pernah tercapai. Oleh sebab itu sifat semangat tanpa menyerah dan selalu berjuang harus selalu ditumbuhkan. Sekalipun kita jatuh harus selalu bisa bangkit kembali.

Dengan keadaan seperti ini seharusnya bangsa ini bisa menjadi lebih kuat, karena bangsa ini tidak pernah kekurangan orang-orang yang kreatif, solutif, inovatif dan inspiratif. Bangsa ini terlihat seperti belum siap menghadapi kenyataan yang sering berubah-ubah secara cepat seperti yang terjadi saat ini. Tetapi sebenarnya, dilihat dari kenyataan yang ada bangsa ini siap menghadapi segala perubahan yang akan terjadi. Hanya saja persiapan-persiapan yang dilakukan oleh generasi muda kita harus lebih terencana dan terkonsep sejak dini, juga rasa percaya diri harus lebih ditingkatkan agar tidak minder dengan bangsa lain. Sehingga ketika terjadi perubahan tidak perlu butuh waktu lama untuk menyesuaikan dan siap menghadapi perubahan.(Oleh : Muhammad Aliya Maulana KKN MDR ASTAGINA IPMAFA 2020)

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel