DAHSYATNYA KEBERKAHAN BERBAKTI KEPADA ORANG TUA

Siswati KKN MDR BRAMANTY  IPMAFA 2020

Kangsoma.com( Wedarijaksa )Islam bukanlah agama yang memerintahkan hanya untuk beribadah kepada Allah saja, tetapi Islam juga memerintahkan untuk menjalin hubungan yang baik antara sesama makhluk Allah. Yang dimaksud makhluk Allah di sini adalah semua yang telah diciptakan Allah, mulai dari manusia, tumbuhan, maupun hewan, kita wajib menyayanginya dan menjaganya. Dan yang paling utama adalah menjalin dan menjaga hubungan antara sesama manusia, karena manusia adalah sebagai makhluk social.

 

Hubungan sesama manusia yang pertama dan paling utama bagi setiap muslim adalah berbakti kepada orang tua. Orang tua dalam artian di sini adalah ayah dan ibu kita, ibu yang telah melahirkan kita. Menjalin hubungan yang baik adalah dengan cara berbakti kepada orang tua.Berbakti kepada orang tua dalam Islam dikenal dengan istilah birrul walidain. Perilaku ini sangat terpuji dan merupakan perintah Allah SWT langsung di dalam Al-Qur’an. Di lansir dari wikipedia.com bahwa perilaku terpuji dalam berbuat baik terhadap orang tua adalah dengan memberi kebaikan atau hormat kepada keduanya serta mentaati perintahnya kecuali yang maksiat dan mendo’akannya apabila keduanyan telah wafat.

 

Berbuat baik kepada orang tua, juga bisa dikatan sebagai jihad di jalan Allah.Jihad tidak selalu mesti turun ke medan perang.Berbakti kepada orang tua juga akan mendatangkan keajaiban dan keberkahan dalam hidup. Allah akan memudahkan segala urusan kita. Allah senantiasa memberikan pertolongan-Nya kepada kita. Allah akan menganugrahkan rejeki berlimpah kepada kita, bahkan Allah akan memlancarkan segala urusan kita, baik urusan yang sekarang maupun urusan yang akan datang. Sehingga Insyallah  kita akan dapat meraih sukses dunia maupun akhirat. Mengapa Allah memerintahkan kepada umatnya untuk berbakti kepada orang tua? Khususnya adalah berbakti kepada seorang ibu?

 

Orang tua adalah ibu dan ayah kita yang telah membesarkan kita, karena besarnya jasa orang tua terhadap anak-anaknya, sehingga Allah menggandengkan kebaikan ini dengan berbakti kepada kedua orang tua adalah termasuk kewajiban dan ketaatan kepada-Nya. Dan itu tercantum dalam surat An-Nisa ayat 46 yang artinya: Dan sembahlah Allah serta janganlah kau menyekutukannya serta berbuat baiklah kamu  kepada kedua orang tuamu

 

Sehingga Allah akan memberikan keberkahan bagi siapa saja yang telah berbakti kepada kedua orang tuanya, bahkan keberkahan yang sangat dahsyat. Adapun bentuk berbakti kepada orang tua sangat beragam, diantaranya dengan mentaati segala perintahnya, sikap terbaik seorang anak ketika diminta tolong orang tuanya adalah segera melaksanakannya dengan senang hati dan tidak mengharap imbalan, bersikap dan mengeluarkan kata-kata yang baik dan tidak membentaknya. Berbakti kepada orang tua bisa kita lakukan dengan banyak hal, dari mulai mengasihi, menyayangi, mendo’akan, taat dan patuh. Tetapi ketika mereka sudah berumur dan sudah memasuki usia tua, tidak ada kewajiban lain kepada mereka kecuali harus mengasihi dan menyayangi mereka.

 

Dengan sikap berbakti kepada orang tua kita, maka Allah akan memberikan kedahsyatan keberkahan-keberkahan kepada kita, diantaranya adalah sebagai berikut:

 

1.     Menjadi jalan ke surganya Allah

2.     Menjadi jalan jihad di jalan Allah

3.     Menjadi pelebur dosa-dosa besar sekalipun

4.     Rejeki dimudahkan, keinginan terkabulkan

5.     Diterimanya amal kita dalam kehidupan sehari-hari

 

Demikian sedikit ulasan dari dahsyatnya keberkahan  berbakti kepada orang tua, semoga bermanfaat untuk kita semua, dan semoga kita termasuk orang-orang yang akan mendapat keberkahan dari Allah, semoga kita termasuk orang-orang yang mempunyai empati serta rasa kasih sayang terhadap kedua orang tua kita. ( oleh : Siswati KKN MDR BRAMANTY IPMAFA 2020)

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel