Panduan Protokol Kesehatan Setelah Melakukan Kegiatan di Luar Rumah di Era New Normal

Yusrotun Ni'mah Chsan KKN MDR ASTAGINA 2020

Kangsoma.com(Mahasiswi IPMAFA)Saat ini hampir diseluruh dunia sedang diserang oleh penyakit covid-19 atau virus corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yaitu virus yang menyerang sistem pernapasan, virus corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan yakni seperti infeksi paru-paru yang berat hingga kematian. Virus ini dapat menyerang siapa saja tanpa pandang bulu,  yakni lansia, orang dewasa, anak-anak, bayi, ibu hamil begitupun dengan ibu menyusui. Maka semua masyarakat dihimbau oleh pemerintah agar mematuhi protokol kesehatan yang telah diberikan agar virus covid-19 ini tidak semakin berlarut-larut, namun masih banyak masyarakat yang tidak mematuhi protokol dibandingkan dengan yang mematuhinya.

 

Masyarakat mengalami banyak sekali perubahan yang sangat pesat dan bahkan bisa menjadikan masyarakat  merasakan dampaknya. Namun masyarakat tetap bisa menjalankan beberapa kegiatan di luar rumah dengan syarat tetap menjalankan dan mematuhi  protokol kesehatan dari pemerintah demi berkurangnya virus covid-19 saat ini. Masyarakat juga dihimbau untuk tidak dengan sembarangan melaksanakan atau mengadakan kegiatan yang dapat menimbulkan keramaian meskipun itu dengan alasan keperluan mendesak dan apapun itu. Apabila dengan sangat terpaksa harus melakukan dan mengadakan kegiatan diluar rumah harus mendapatkan ijin dulu dari pemerintah setempat agar nantinya tidak menimbulkan masalah yang tidak diinginkan.

 

Karenanya dimasa Pandemi Covid-19  saat ini, sebelum ada virus covid-19 ini tidak bisa bebas melakukan kegiatan diluar rumah dan tanpa ada batasan waktu, sekarang  harus dan diwajibkan untuk menjalankan dengan baik protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Sehingga kegiatan kita menjadi berubah hampir secara drastis dan tidak setiap hari bahkan tidak setiap waktu bisa untuk berkegiatan ataupun bekerja dan bahkan  juga pergi ke sekolah seperti biasa diluar rumah, dan semua kegiatan yang seperti biasanya dapat dilakukan menjadi tergantikan secara daring (dalam jaringan) atau online. Yang biasanya tidak setiap saat dan setiap waktu bisa menggunakan gadget atau handphone, justru malah sekarang diwajibkan menggunakannya karena sangat berpengaruh baik itu untuk urusan pekerjaan ataupun sekolah anak-anak, karena selama pandemi ini tugas anak-anak yang bersekolah maupun mahasiswa  dikirim oleh guru atau dosen masing-masing secara daring atau dalam jaringan.

 

Kemudian virus covid-19 ini  sebenarnya pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China sejak bulan Desember tahun 2019 hingga belum pasti akan segera pulih dan berakhir, karena setiap hari  di Indonesia sendiri kasus positif covid-19 bahkan sampai meninggal semakin bertambah. Hingga saat ini juga para tenaga medis baik dari dalam negeri hingga luar negeri terus mencari obat yang kiranya bisa menyembuhkan minimal bisa sedikit demi sedikit mengurangi virus tersebut. Namun masyarakat dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan dan menjaga pola makan agar tidak mudah terjangkit virus yang bisa mematikan dan menular ini.

Di Indonesia bahkan hampir seluruh dunia sedang menghadapai virus covid-19 hingga dari berbagai negara mencari ide agar virus covid-19 ini segera berlalu dan masyarakat bisa melakukan kegiatan diluar rumah seperti biasanya tanpa ada batasan-batasan yang membatasi kegiatan seperti biasanya. Namun pada kenyataannya hingga saat ini masih banyak masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan contoh kecil saja penggunaan masker hal yang sangat mudah dilakukan masih banyak masyarakat yang tidak mematuhinya. Padahal di negara Thailand sudah bisa melaksanakan kegiatan diluar rumah bahkan sudah melaksanakan konser di luar rumah dan masyarakatnya sudah berkerumun.

 

Karena kurang kerjasam antara masyarakat dengan peraturan protokol dari pemerintah inilah yang menjadikan virus covid-19 tidak berangsur-angsur membaik maka dari itu alangkah baiknya jika kita sebagai masyarakat setidaknya melaksanakan dan mematuhi protokol kesehatan yang telah ada antara lain:

1.     Selalu menggunakan masker setiap keluar rumah.

2.     Kantongi handsanitizer setiap bepergian.

3.  Bersihkan tempat baik itu rumah dan seisinya dengan cara disemprot dengan disinfektan.

4.     Hindari berkumpul di keramaian.

5.     Membawa alat pribadi yang dibutuhkan ketika keluar rumah.

6. Gunakan metode cashlees untuk berbelanja dan sebisa mungkin hindari membayar dengan uang tunai.

7.  Jalanilah pola hidup yang sehat dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi, konsumsi buah-buahan dan jangan lupa untuk berolahraga.

(Oleh : Yusrotun Ni’mah Chasan KKN MDR ASTAGINA IPMAFA 2020)

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel