Tenang Menghadapi Pandemi

Shofiyati KKN MDR ASTAGINA 2020

Kangsoma.com(Pati)Virus corona telah menyebar ke banyak orang  dan menjadi berita utama setiap hari. Tidak bisa dipungkiri ini bisa menimbulkan rasa khawatir, panik, dan stress di tengah masyarakat. Secara ilmiah stress terbukti membuat kita rentan terhadap penyakit karena stress menekan sistem kekebalan tubuh kita. Lalu apa yang harus kita lakukan untuk mampu menjaga ketahanan mental dan fisik ditengah pandemi? Ketika stress atau panik , kita bisa mulai menenangkan diri dengan merilekskan  tubuh terlebih dahulu  melalui nafas secara sadar. Bernafas dengan tenang bisa mengurangi rasa sakit dan tegang pada tubuh serta  menenangkan pikiran kita. Selain nafas kita juga bisa menerapkan proses stoisisme. Filosofi stoisisme mengatakan , dua hal yang bisa kita kendalikan  yakni pikiran dan tindakan kita.

Kita tidak bisa mengontrol apa yang terjadi di sekitar kita alias faktor eksternal . tetapi kita bisa mengendalikan bagaimana kita menilai, menanggapi, dan bereaksi terhadap faktor eksternal.  Virus corona adalah hal di luar kendali kita. Tetapi kita punya kendali atas tindakan tepat apa yang bisa kita lakukan di tengah pandemi ini.  Setelah mengendalikan pikiran kita, kita juga perlu melakukan langkah preventif. Seperti cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama setidaknya 20 detik terutama jika kita baru berada di tempat publik, membersihkan hidung, batuk, atau bersin. Hindari menyentuh mata, mulut dan hidung kita dengan tangan yang belum dicuci. Karena dari organ-organ ini virus bisa masuk ke tubuh. Jaga jarak setidaknya satu meter dengan orang yang bersin atau batuk, karena cairan kecil dari bersin atau batuk bisa terhirup jika kita terlalu dekat dengan orang yang mungkin mengidap virus corona. Jika kita bersin dan batuk, tutupi hidung dan mulut dengan tisue atau memakai lap masker. Setelah di pakai, langsung buang tisue ke tempat sampah tertutup.

Sementara waktu ini, hindari berjabat tangan dengan orang lain. Kita bisa melakukan salam dengan cara melambai, mengangguk atau menunduk. Tidak lupa memakan makanan yang bergizi, tidur yang cukup, olahraga dan jaga kebersihan. Tentu penting mengetahui info seputar virus coronna, tetapi agar tidak khawatir berlebih, cari info ini sekali dalam sehari. Karena terlalu sering membaca berita virus corona dalam sehari bisa menimbulkan stress dan gangguan emosi yang mengakibatkan mengganggu sistem kekebalan tubuh kita.

Sementara itu, untuk memastikan new normal berjalan sesuai dengan aturan, maka pemerintah melakukan upaya sistematis, terkontrol, terkoordinasi dan konsisten dalam melakukan penegasan publik dan penegakan hukum, termasuk memperbesar sektor kesehatan untuk mengantisipasi lonjakan kasus baru covid-19

Memang kenormalan baru atau new normal sama sekali belum menjadi kemenangan dalam  menangani covid. Tetapi new normal bisa menjadi upaya produktif namun tetap aman dari serangan covid-19. Pertaruhan ini bergantung pada kedisiplinan orang per orang. Menstop penyebaran energi negatif yang menimbulkan kecemasan publik . Jangan sampai perngorbanan seluruh lapisan masyarakat selama beberapa bulan ini menjadi kesia-siaan. Jika scemas, lindungilah diri kita dan keluarga.( Oleh : Shofiyati KKN MDR ASTAGINA IPMAFA 2020)

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel