Tips Menciptakan Suasana Belajar Dirumah Yang Kondusif


Kangsoma.com(Pati)Pada awal tahun 2020 sekitar bulan Mart negara Indonesia dihebohkan dengan  adanya  pandemi covid 19, yang pada saat itu mengharuskan warga Indonesia selalu dirumah,tidak hanya para pekerja, anak sekolah mulai dari TK sampai mahasiswa harus belajar  dari rumah.karena  dengan tidak keluar rumah bisa memutus rantai penyebaran virus Corona.

Sekolah maupun perguruan tinggi menerapkan pembelajaran  secara daring( dalam.jaringan atau secara online. Tugas-tugas diberikan secara online menggunakan beragam aplikasi yang tersedia.

Namun, aktivitas belajar dari rumah tak sepenuhnya mudah. Belajar di rumah penuh tantangan seperti tergoda untuk rebahan, menonton televisi, dan malas - malas an dalam mengerjakan.

Berikut tips-tips membuat suasana belajar dari rumah tetap menyenangkan .

 

 

1. Sediakan tempat yang nyaman untuk belajar

 

Seseorang kadang lebih suka memilih belajar sambil rebahan di kasur. Rebahan di kasur memang nyaman sambil untuk beristirahat.tetapi banyak juga sisi negatif yang akan di dapatkan dari cara tersebut.

Belajar sambil rebahan di kasur bisa membuat badan pegal dan konsentrasi buyar.

Sebaiknya dalam belajar pilihlah  tempat duduk untuk belajar. Usahakan tempat duduk memiliki sandaran dan busa yang nyaman untuk duduk.

Selain itu, sediakan meja yang posisinya tak terlalu rendah dan tinggi dari posisi duduk .

 

2. Sediakan alat-alat yang digunakan untuk belajar

Jika seseorang terbiasa meminjam alat-alat untuk belajar kepada teman disekolah,  untuk saat ini siapkanlah sendiri alat-alat belajar dirumah . Alat-alat yang  bisa mendukung  saat belajar bisa membuat fokus  konsentrasi untuk belajar.

 

3. Pastikan koneksi internet baik

 

Untuk saat ini kita juga harus faham tekhnologi terbaru,apalagi sekarang jaman sudah berubah dan harus belajar secara online,sebisa mungkin terlebih dahulu menyiapkan segala materi pembelajaran. hal lain yang mesti diperhatikan saat belajar dari rumah adalah koneksi internet. Koneksi internet yang baik akan memudahkan untuk tetap terhubung dengan guru maupun dosen saat belajar dari rumah.

4. Sediakan camilan

 

Kegiatan belajar tentunya akan membuat tenaga terkuras. Meskipun secara fisik tak banyak bergerak, tetapi belajar menguras tenaga karena berpikir.

Supaya tetap semangat dan tak lelah saat belajar, sediakanlah camilan secukupnya.Siapkan camilan seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dan camilan berkalori tinggi lainnya.yang an tetap menjaga sistem imun tubuh agar tidak mudah terserang virus.

 

5. Jauhkan benda - benda yang membuat kurang fokus dalam belajar.

Belajar di rumah pasti tak akan luput dari gangguan-gangguan yang membuatmu kurang fokus. Gangguan bisa datang dari televisi, mainan, maupun smartphone.

Rumah memang sejatinya adalah tempat untuk tenang dan beristirahat sehingga bisa mengganggumu untuk fokus belajar. Saat ini, kurangilah akses ke kegiatan-kegiatan yang bisa mengganggumu belajar di rumah.siapkan jadwal sendiri untuk belajar .karena hal ini bisa membuat seseorang jadi lebih bertanggung jawab.

 

6. Pastikan ruangan punya pencahayaan maksimal

 

Supaya mata dan kepala tak mudah  pusing, sebaiknya perhatikan  juga pencahayaan di tempat belajar. Jangan sampai ruang belajar minim pencahayaan karena bisa membuat mata rusak dan kepalamu pusing.

 

Selain itu, belajar di tempat yang redup atau cenderung gelap akan membuat semangat belajar menurun dan akhirnya menjadi  malas. Mata akan bekerja keras untuk melihat sehingga lama kelamaan akan membuat mata cepat letih dan mengantuk lebih cepat.(Oleh:Wahyu Putri Priyanti KKN MDR LAYALI IPMAFA 2020)

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel