Belajar sambil Bermain Siswa MI dengan KKN IK IAIN KUDUS

Di masa pandemi saat ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 maka pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan metode daring. Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini mengundang masalah baru, diantaranya permasalahan sinyal, keterbatasan kemampuan orang tua membuat metode pembelajaran daring yang seringkali berjalan tidak efektif. Kondisi ini tentu berdampak pada penurunan kemampuan dan serapan materi bagi para siswa. Tak terkecuali di daerah Ds. Keben - Tambakromo - Pati. 


 

KKN IK IAIN KUDUS dari Ds. Keben - Tambakromo - Pati kemudian melaksanakan program kerja dalam rangka membantu meringankan beban orang tua murid yaitu dengan menyelenggarakan program kerja belajar mengajar bagi siswa MI di Ds. Keben - Tambakromo - Pati. Adapun program ini dimaksudkan untuk memberikan pendalaman materi kepada siswa MI di Ds. Keben - Tambakromo - Pati sehingga bisa lebih memahami materi pelajaran selama masa PJJ.

“Kegiatan belajar mengajar ini merupakan bagian program KKN IK IAIN KUDUS dari Ds. Keben - Tambakromo - Pati, dan sudah berlangsung sejak tanggal 14 September 2021." ujar Jefiska, salah satu mahasiswa KKN IK IAIN KUDUS.

Jefiska menjelaskan dalam pelaksanaan program ini mahasiswa berkolaborasi dengan sekolah MI MANBA'UL FALAH dalam pelaksanaannya. Pelaksanaan bersama para siswa MI ini telah mempertimbangkan adanya keterbatasan sinyal di Ds. Keben - Tambakromo - Pati. Program ini ternyata direspons baik dari masyarakat, Kegiatan ini dilaksanakan secara offline di sekolah MI MANBA'UL FALAH dengan tetap mematuhi prokes. Terlihat dari antusiasme dan jumlah Siswa MI yang berangkat ke sekolahan sekitar 50 siswa untuk kelas 1.

“Melalui pendampingan belajar Mahasiswa KKN IK IAIN KUDUS memberikan penguatan seputar pembelajaran dan materi yang telah disampaikan secara online dalam lingkup Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Selain memberikan penguatan kami memberikan pengajaran dengan Metode Belajar sambil Bermain bersama siswa MI, hal ini kami lakukan agar siswa tidak jenuh dan bersemangat dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu siswa juga dapat menerima materi dengan mudah dan menyenangkan." jelasnya.

Para orang tua siswa, mengakui adanya program KKN IK IAIN KUDUS Belajar Mengajar ini telah berhasil membantu para siswa MI MANBA'UL FALAH Ds. Keben - Tambakromo - Pati dalam memahami materi pembelajaran dengan lebih baik dan metode yang menyenangkan dan digemari siswa.


Sistem yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini menjadi daya tarik siswa untuk belajar dengan metode yang menyenangkan dan tidak membosankan. Dalam pelaksanaannya dibantu dengan media pembelajaran berupa kertas origami.

"Sistem pembelajarannya menyenangkan, terlebih dapat melatih anak untuk berani bertanya meskipun para mahasiswa ini kan orang baru," jelas Shinta, Salah satu mahasiswa KKN IK IAIN KUDUS.

"Setelah kegiatan ini kita laksanakan banyak respon baik tentang program kerja kami. Baik dari Siswa nya sendiri maupun orang tua Siswa. Ini menunjukkan keberhasilan program kerja kami." Ujar Ria, Salah Satu Mahasiswa KKN IK IAIN KUDUS.

Sementara itu, Belva, salah satu siswa kelas 1 MI MANBA'UL FALAH, mengaku merasa sangat senang dengan sistem belajar mengajar seperti ini.

“Sangat menyenangkan dan mudah dalam memahami materi yang disampaikan. Setelah memberikan tugas juga dibimbing untuk mengerjakan tugasnya dengan cara yang asyik,” ujarnya.

Meski sempat mengalami kendala, serta keterbatasan waktu pelaksanaan, progam KKN IK IAIN KUDUS Belajar Mengajar untuk Siswa MI terbukti telah cukup membantu para siswa MI dan para orang tua. Oleh karena itu, program KKN IK IAIN KUDUS Belajar Mengajar ini akan diusahakan untuk dilanjutkan, meskipun masa pengabdian KKN IK IAIN KUDUS di Ds. Keben - Tambakromo - Pati telah usai nantinya.

 

Penulis : Jefiska Roman Prantista, Shinta A, Ria Yusnul Umariah

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel