Mahasiswa KKN IK IAIN KUDUS 2021 melakukan survey lokasi dan pendataan UMKM di Desa Keben Tambakromo Pati.



 



Pati, 9 September 2021 – IAIN Kudus pada bulan ini mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terintegrasi Kompetensi di 4 Kabupaten, yaitu Pati, Kudus, Demak dan Jepara. Salah satu daerah Kabupaten Pati yang menjadi sasaran adalah Kecamatan Tambakromo. Di wilayah Pati Selatan ini ada 18 desa yang mana memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan. Mahasiswa IAIN Kudus pada tahun ini melakukan kegiatan KKN IK di desanya masing-masing dengan mengangkat tema “ Pemberdayaan Potensi Desa Berbasis Moderasi Beragama” yang dilaksanakan tanggal 6 September sampai 6 Oktober 2021.

Mahasiswa  KKN IK IAIN KUDUS 2021  melakukan KKN di salah satu desa di Tambakromo  yaitu di Desa Keben. KKN IK ini dilaksanakan  oleh mahasiswa IAIN Kudus semester 7  yang  bertempat tinggal di desa keben sendiri. Kebetulan 3 mahasiswa ini memiliki jurusan yang berbeda yaitu Shinta Aulya dari prodi Ekonomi Syariah, Jefiska Roman Prantista dari Prodi PGMI dan Ria Yusnul Umariah dari prodi KPI. Mahasiswa KKN IK IAIN Kudus siap mengabdi untuk memperdayakan potensi di Desa Keben Kec. Tambakromo. Moh. Asror, M.Pd selaku dosen pembimbing lapangan KKN IK IAIN Kudus mengungkapkan bahwasannya sasaran target kegiatan KKN IK IAIN Kudus Tahun 2021 diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang potensi desa, baik potensi ekonomi, sosial kultural, maupun keagamaan.

Mahasiswa KKN IK IAIN Kudus melakukan pendataan UMKM yang ada di Desa Keben.  Disini mahasiswa KKN IK IAIN Kudus mensurvey langsung dan mencari informasi  tentang  usaha apa yang sedang dijalani oleh masyarakat  di Desa Keben. Survey ini dilakukan ke beberapa tempat  saja karena banyaknya masyarakat yang ada di desa Keben  sendiri, maka mahasiswa hanya melakukan survey dengan metode sampel  per RT dan Per Rw agar lebih  mudah dan efesien dalam pelaksanaanya. Hasil  survey tersebut menyatakan bahwa UMKM yang ada di desa  keben antara lain : Perdagangan, Peternakan, konveksi dan pengolahan ubi-ubian menjadi  bahan pangan.

Namun ada beberapa kendala yang dihadapi oleh pelaku UMKM di Desa Keben  salah satunya adalah  PPKM yang diperpanjang setiap  bulannya . Pendataan UMKM di Desa Keben  ini termasuk Program kerja dari mahasiswa KKN IK IAIN Kudus Kec. Tambakromo.

 

Penulis: Shinta Aulya, Jefiska Roman Prantista dan Ria Yusnul Umariah.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel