GAYA HIDUP SEHAT DI TENGAH PANDEMI COVID-19

 


 

Menjaga kesehatan tubuh adalah hal yang sudah seharusnya dilakukan oleh setiap orang, terutama saat dunia dilanda pandemi Covid-19 seperti ini. Menerapkan pola gaya hidup sehat menjadi salah satu langkah awal yang bisa kamu tempuh agar tidah mudah terkena penyakit dan tidak tertular virus corona. Unuk menjaga agar tubuh tetap sehat, kamu harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara untuk menjalankan gaya hidup sehat dengan benar .

 

Pengertian gaya hidup dapat diartikan bahwa kamu memperhatikan segala aspek yang berkaitan dengan kondisi kesehatan tubuh kita. Selain memperhatikan asupan makanan, maka melakukan rutinitas olah raga secara teratur juga penting dan akan membantu daya tahan tubuh kita tetap sehat dan bugar. Selain olahraga secara teratur dan rutin, kamu juga memnghindari segala sesuatu yang bisa memicu timbulnya penyakit. Seperti mengkonsumsi minuman berakohol, dan juga sering makan makanan seperti junk food atau makanan cepat saji, ditambah merokok dan begadang, hal tersebut jiika tidak kita hindari maka akan berdampak pada kesehatan pada tubuh kita dikemudian hari.

 

Meskipun sekarang dunia sudah memasuki era new normal, tetapi kita tetap harus waspada, karena virus corona tidak ada yang tahu , masih ada atau sudah musnah. Oleh karena itu disamping menjaga gaya hidp sehat, kita selalu mematuhi peraturan 3M (mencucui tangan dengan sabun dan air yang mengalir, memakai masker, menjaga jarak).

 

Ketika kamu menerapkan pola gaya hidup sehat, maka akan mendapatkan banyak manfaat, yaitu, pertama sistem imun tubuh kita tetap terjaga dan stabil, tubuh akan tetap sehat, tidak mudah terserang penyakit seperti diabetes, stroke, asam lambung, dan lain sebagainya. Manfaat gaya hidup sehat yang kedua adalah mampu  membuat usia lebih panjang, karena tubuh ini akakn selalu fres. Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan gaya hidup sehat agar tubuh tetap bugar dan  sehat, diantaranya adalah sebagai berikut:

1.  Makan Buah Dan Minum 8 Liter Air Setiap Hari

Dengan mengkonsumsi buah dan minum air setiap hari juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh di masa pandemi ini, bakteri dan virus pun akan sulit untuk masuk ke dalam tubuh kita. Sedangkan minum air putih setiap hari sebanyak 8 liter akan membuat sistem yang ada di tubuh kita berjalan lebih sempurna dan lancar.

2.  Olahraga secara rutin

Berolahraga menjadi salah satu pola hidup sehat bagi semua orang, tidak memandang muda maupun tua. Dengan melkaukan olahraga akan membantu daya tahan tubuh kita lebih bugar dan juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh kita. Selain itu melakukan kegiatan fisik juga membuat hati kita menyenangkan.

3.  Istirahat yang cukup

Ketika kamu istirahat dengan porsi yang cukup dan tidak banyak begadang, maka berfungsi akan menghilangkan ketegangan-ketegangan pada otak kita, sehingga setelah kita istirahat yang cukup badan menjadi rileks dan otak pun menjadi fresh.

 

4.  Tidak merokok

Merokok merupakan hal yang sangat berdampak buruk pada kesehatan tubuh kita karena dengan merokok sirkulasi peredaran darah dalam tubuh kita tidak bisa lancar. Selain membuat tubuh menjadi rentan terhadap penyakit, merokok juga akan mengganggu orang lain yang dihasilkan dari asap roko tersebut.  Jadi saat pandemi begini sebaiknya kita usahakan untuk berhenti merokok, karena dengan tidak merokok akan membuat sirkulasi darah menjadi meningkat, bukan cuma itu saja kadar oksigen dalam tubuh kita pun akan meningkat, sistem kekebalan tubuh kita akan meningkat, sehingga virus atau bakteri lain tidak mudah masuk ke dalam tubuh kita. (Penulis : Toilil Inayati, KKN MDR SINERBA IPMAFA PATI 2020)

           

 

 

 

 

 

           

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel