PENERAPAN POLA HIDUP SEHAT DI ERA PANDEMI

Kangsoma.com (Karangwotan).Masa pandemi memaksa kita untuk menerapkan pola hidup sehat. Berbagai pihak telah menyampaikan informasi terkait dengan protokol kesehatan pencegahan penularan virus Corona COVID-19. Dalam era new normal seperti sekarang ini perubahan pola hidup sehat harus selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan pola hidup sehat ini merupakan kunci kedisiplinan agar tetap menjaga pola hidup sehat dengan baik. Menjaga kesehatan tubuh sangat penting bagi berlangsungnya kehidupan, apalagi di era pandemi Covid-19 ini.

 

Kondisi tubuh sehat harus dipertahankan karena merupakan bagian dari ibadah, baik sunah agar terhindar dari penyebaran virus corona serta kuat dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT. Allah mencintai umantnya yang kuat daripada umatnya yang lemah. Selain itu menjaga daya tahan tubuh merupakan bagian dari wujud rasa syukur kita kepada Allah yang telah memberikan karunia kenikmatan tubuh yang sehat sehingga wajib kita jaga dan rawat. Tindakan pola hidup sehat yang harus diterapkan adalah :

1.     kebiasaan untuk sering mencuci tangan

Anjuran mencuci tangan ini disunnahkan karena merupakan perbuatan mencontoh kegiatan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad, ini sesuai dengan sabda Rasulullah,

Barang siapa tertidur dan di tangannya terdapat lemak (kotoran bekas makanan) dan dia belum mencucinya lalu dia tertimpa oleh sesuatu, maka janganlah dia mencela melainkan dirinya sendiri.” (HR. Abu Daud)

2.     menggenakan masker jika berpergian,

Sesuai dengan protocol kesehatan sekarang ini kita diwajibkan untuk memakai masker saat berpergian karena dengan ini dapat membantu pencegahan penularan virus Corona Covid-19, jangan lupa juga menerapkan untuk tetap jaga jarak.

 

3.     sering berolahraga,

sesuai dengan anjuran Islam, kita juga harus menjaga tubuh kita agar tetap sehat, seperti yang dijelaskan sebagai berikut :

Dan sungguh atas badan kamu hak-hak yang wajib dipenuhi, maka penuhilah haknya.” (HR Bukhari)

Olahraga dapat dilakukan dengan sering jogging, olahraga bola besar, olahraga bola kecil, atau olahraga Gym. Penerapan olahraga ini dapat dilakukan secara mandiri tidak perlu berkelompok untuk menghindari kerumunan. Olahraga lain yang mengasyikkan sambil mengisi waktu luang juga bermanfaat bisa dengan berjalanan kaki atau berkebun di halaman rumah. Tanpa kita sadari sebenarnya kita setiap hari sudah melakukan olahraga ringan yakni dengan kegiatan membersihkan rumah, segala kegiatan yang kita lakukan menimbulkan produksi keringat yang meningkat di tubuh, itu mempertandakan bahwa kita sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan olahraga.

 

4.     Pola makan yang sehat.

Makan makanan yang halal adalah kewajiban bagi umat Islam. Untuk itu kita harus memakan makanan dan meminum minuman yang halal yakni aman, baik, dan tidak menimbulkan masalah apapun jika dikonsumsi. Sesuai dengan firman Allah :

Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi…”(QS. Al Baqarah, :168).

Sering dirasakan kita sampai lupa untuk makan atau yang paling sering adalah lupa sarapan, padahal sarapan merupakan hal yang sangat diperlukan tubuh untuk tetap menjaga stamina dalam tubuh. Dan kadang saat siang kita baru makan dan tanpa disadari kita makan dan minum dengan berlebihan dengan alasan karena lapar, makan yang berlebihan ini akan berakibat buruk bagi tubuh, untuk itu Islam memberikan tips cara hidup sehat yang menghindarkan umat islam dari penyakit akibat pola makan yang tidak wajar atau buruk. Allah memberi perintah kepada umat Islam untuk menjaga pola makan ini sesuai dengan lafadz Allah yang berbunyi :

Makan dan minumlah dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya, Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan,” (QS Al-A’raf:31)

Oleh karena itu untuk memenuhi nutrisi dan meningkatkan daya tahan tubuh bisa juga ditambah dengan mengkonsumsi suplemen berupa vitamin dan mineral, banyak minum air putih, meningkatkan konsumsi buah dan sayur, dan sebagainya.

 

5.     Istirahat yang cukup

tidur yang cukup dapat membantu metabolisme dan menjaga daya tahan tubuh. Usahakan tidur 7-8 jam setiap harinya

 

itulah tadi beberapa tips sehat di masa pandemi semoga bermanfaat dan semoga kita semua di lindungi Allah dari segala penyakit, Amin. (Penulis : Yayuk Asmorowati KKN MDR INKARNAS PIAUD IPMAFA PATI)

                    

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel