Cara Menyikapi Keberagaman Di Indonesia

 

Ina Windarsih KKN INKARNAS IPMAFA

Kangsoma.com(mahasiswi IPMAFA) Indonesia merupakan Negara yang memiliki banyak variasi baik suku, ras maupun budayanya. Dalam bermasyarakat tentunya kita membutuhkan orang lain, karena sejatinya manusia disebut sebagai makhluk social yang dengan julukan tersebut manusia tidak dapat hidup sendiri.

 

oke gaes, dengan benyaknya keberagaman yang ada di Indonesia tentunya masyarakat akna mudah untuk terpecah belah kalau masyarakatnya tidak menerapkan sikap menghargai. Apasih pengertian dari menghargai ?

menghargai merupakan sikap  memahami, menghormati dan menyukai sesuatu. Misalnya dalam sebuah rapat tentunya ada banyak orang dong, nah masing-masing orang tentunya memiliki cara berfikir tersendiri dan tentunya dari mereka juga akan ada yang berbeda pendapat dengan kita. Tugas kita adalah menghargai semua pendapat yang sudah dikemukakan teman-teman kita saat rapat berlangsung. Dengan tujuan agar tidak ada rasa marah yang bergejolak muncul dalam hati sehingga akan mnejadikan hubungan persaudaran menjadi renggang dan jika ini terus berlangsung maka akan memutuskan tali silaturrahmi. Ngeri doong , hehe

jangan menjadikan keberagaman yang ada menjadi penghalang untuk kita berbuat baik, jangan sampai keberagaman memisahkan rasa persaudaraan antar manusia. Tapi jadikanlah keberagaman menjadi sebuah wadah untuk persatuan. Karena keberagaman itu indah ya gaes.

Nah bagaimana caranya untuk mencintai keberagaman yang ada ?

Oke gaes , jadilah masyarakat yang bijak yang mencintai keberagaman yang ada di Indonesia dengan cara-cara sebagai berikut :

1.     Sikap Saling menghargai

Mengapa kita harus saling menghargai antar sesama ? karena sikap menghargai maka akan  memberikan dampak yang baik tehadap semuanya. Dengan saling menghargai maka energy positif akan terpancar dan akan memberikan kedamaian antar sesame manusia.

 

2.     Sikap saling membantu antar sesama

Sudah disebutkan diatas bahwasannya manusia merupakan makhluk social yang tidak akan pernah bias tanpa adanya bantuan dari orang lain. Maka dari itu kita jangan sampai melupakan kodrat kita sebagai manusia untuk saling membantu antar sesama. Agar tali silaturrahmi tetap berjalan dengan baik dan menyenangkan.

 

Sikap saling membantu seperti apa yang harus kita terapkan ? tentunya saling membantu dalma hal kebaikan ya gaes. Dalam alqur’an juga sudah disebutkan ya bahwa kita disuruh untuk amar ma’ruf nahi munkar, yang dalma bahasa indonesianya adalah perintah untuk kebajikan/kebaikah dan mencegah kemungkaran/kebatilan.

Contohnya seperti apa ?

Missal ada tetangga kita yang sedang terkena musibah, sebagai tengga yang baik kita harus mengulurkan tangan kita untuk membantu semampu kita walaupun mereka memiliki kepercayaan yang berbeda atau dari keluarga yang berlatar belakang menengah ke bawah ataupun yang lainnya.

Jangan pernah membantu dengan memiliki rasa ingin dipuji ya gaes, membantu harus ikhlas dan tidak membeda-bedakan golongan.

 

3.     Sikap tidak saling menjatuhkan antar sesama

Bagaimana caranya ? berat gaes… hrrrrrrrr

Jangan berkata berat dulu ya gaes, semua akan terasa ringan kalau kita bersatu, kalau kita menjalaninya dengan bersama-sama.

Masyarakat Indonesia semuanya adalah saudara baik islam, Kristen, katolik, konghucu, budha, dan hindu, kita semuanya sama, sama-sama warga Negara Indonesia yang harus melestarikan keberagaman yang ada. Jangan sampai terpecah belah dengan sikap saling menjatuhkan. Ingat y ages, harus slaing menjaga.

 

4.     Menjalin ukhuwah atau pesaudaraan.

Karena Negara Kita Negara pancasila dan bunyi  sila ke 3  yaitu persatuan Indonesia. Jadi harus saling menyambung silaturrahmi agar ukhuwah atau persaudaraan tidak terputus.

 

Oke, cukkup sekian ya gaes, semoga bermanfaat.

SALAM DAMAI !!

Oleh : Ina Windarsih Mahasiswi PIAUD IPMAFA Pati


 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel