CARA MENGATUR KEUANGAN DAN TETAP ADA PEMASUKAN DI MASA PANDEMI (COVID 19)


Kangsoma.com(Pati)COVID 19 adalah sebuah virus yang berasal dari Cina. Penyebarannya sangat cepat. kasus pertama terjadi pada akhir Januari di Wuhan, Cina. Bahkan sekarang hampir seluruh dunia terkena covid 19 salah satunya Indonesia. Kasus pertama terjadi pada awal Maret 2020, 2 warga Depok diberitakan positif covid 19. Covid 19 ini dapat menyerang siapa saja bahkan anak kecil sekalipun. Untuk itu, kita harus mempunyai imunitas yang tinggi dengan cara olahraga secara teratur serta mengkonsumsi makanan yang sehat. Salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi pandemi ini adalah dengan membatasi interaksi setiap orang, tidak berkerumun atau bahasa populernya social distancing. Selain itu mencuci tangan dan memakai masker sangat dianjurkan.

Ditengah pandemi seperti sekarang ini hampir semua sektor terkena dampaknya. Mulai dari perusahaan besar, UMKM, dan lain sebagainya. Dampak ekonomi yang paling diresahkan masyarakat. Banyak karyawan yang di PHK, pekerjaan yang terpaksa diberhentikan dan pemilik usaha yang terpaksa gulung tikar. Bahkan pedagang kaki lima pun terkena dampaknya yang biasanya bisa menghasilkan 50-100rb sekarang tidak mendapatkan apapun. Pandemi ini memang benar-benar memiliki dampak yang sangat besar. Bahkan, sampai sekarang pun kasus Covid 19 terus mengalami peningkatan. Pandemi ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja masyarakat juga harus mengikuti protocol yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Nah, saat pandemi seperti sekarang ini mengatur keuangan sangatlah penting. Karena hampir semua aktivitas bahkan pekerjaan pun dihentikan sebab pemerintah mengajurkan para pekerja untuk bekerja dirumah atau work from home. Jangan sampai ditengah krisis seperti ini kita malah menghambur-hamburkan uang. Lalu bagaimana sih tips mengatur keuangan dan tetap ada pemasukan dimasa pandemi seperti ini ?

Tips mengatur keuangan saat pandemi :

1.     mencatat pemasukan dan pengeluaran dengan baik

tips ini sangat penting sekali. Jangan sampai pengeluaran lebih besar dari pada pemasukan. Jika tidak mencatat dengan baik, bisa saja pengeluaran akan membengkak. Tapi jika ada pembukuan yang jelas, maka akan terlihat uang pengeluaran dan pemasukan seimbang atau tidak.

2.     Kurangi ngumpul-ngumpul yang tidak penting

Ini semestinya harus dilakukan. Meskipun sudah masa PSSB tetapi jika tidak ada keperluan yang penting lebih baik dirumah saja karena lebih aman. Selain bisa terhindar dari virus kita dapat menghemat pengeluaran.

3.     Utamakan kebutuhan primer

Ditengah pandemi covid 19 seperti ini, kita harus pintar-pintar mengatur keuangan dalam belanja kebutuhan. Utamakan kebutuhan primer terlebih dahulu seperti membeli bahan pokok atau bahan makanan. Untuk hal-hal lain yang tidak terlalu penting kita tiadakan dulu. Karena kita tidak pernah tahu pandemi ini akan sampai kapan. Jadi kita harus jaga-jaga dan mengatur keuangan sebaik mungkin.

4.     Sebisa mungkin sisakan uang untuk investasi

Investasi ini akan sangat membantu kita dalam keadaan mendesak. Tidak perlu nominal yang besar yang penting bisa konsisten. Tapi jika tidak memiliki investasi, tentunya akan kelabakan jika ada kebutuhan mendesak. Nah jika ada sisahan uang kamu bisa gunakan untuk berinvestasi. Nah seperti masa pandemi seperti ini kita bisa menggunakan uang investasi buat membeli kebutuhan yang  sekiranya penting selama masa covid 19.

5.     Mencari sumber pendapatan tambahan

Tips yang ini sangat penting. Jika kita bisa menghasilkan uang tambahan, tentunya keuangan kita insyaallah bisa stabil. Jadi gaji pokok dari kantor kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan sisanya ditabung. Sumber pendapatan ini contohnya seperti jualan online, tutor, dan lain sebagainya. Nah untuk hasil tambahan bisa kita tabungkan atau investasikan jangan sampai kita gunakan untuk berfoya-foya. Jangan lupa juga untuk bersedakah insyaallah rejeki kita selalu bertambah serta berkah, berapapun itu yang penting ikhlas. Jadi, tetap fokus dan bersabar untuk menghadapi pandemi ini.

Disituasi wabah seperti ini mencari pekerjaan menjadi sangat sulit sebab pemerintah mengajurkan work from home. Meskipun situasi sedang sulit sebenarnya tetap ada peluang untuk mendapatkan penghasilan. Berikut jenis pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah untuk mendapatkan penghasilan. Pekerjaan ini juga bisa dijadikan pekerjaan sampingan selama bekerja dari rumah.

Inilah beberapa contoh pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di dalam rumah selama pandemi :

1.     Dapatkan penghasilan dengan cara berjualan online

Saat ini banyak orang yang lebih menyukai berbelanja secara online karena lebih mudah, efisien, serta menghemat waktu dan biaya. Nah apalagi pandemi seperti sekarang ini orang-orang pasti malas untuk keluar rumah karena adanya virus jadi mereka lebih memilih berbelanja malalui online. Kita bisa memanfaatkan gadget dan sosmed kita untuk berjualan. Jualan online ini bisa dilakukan mahasiswa, pelajar, IRT, karyawan dan sebagainya. Karena kita bisa melakukan pekerjaan ini dimana saja dan kapan saja.

2.     Menjadi seorang youtuber

Bukan rahasia lagi kalau youtuber bisa menghasilkan uang yang fantastic. Contohnya seperti atta halilintar, dengan jumlah subscriber 20,4 Juta orang, berdasarkan data socialblade dia telah memiliki pendapatan sekitar Rp 44,8 Miliar pertahun atau 2 Miliar perbulan. Untuk pendapatan adsense di Indonesia, perhitungan kasarnya adalah sekitar Rp.7000 Rupiah per 1000 tayangan. Jadi kalau video kamu mendapat 1 juta views, artinya kamu memperoleh uang setidaknya Rp. 7.000.000.

Dari segi konten kita bisa membuat vlog, ASMR, game, komedi, parodi, tips and trik, tutorial dan lain sebagainya. Pokoknya kita harus bisa membuat konten sekreatif mungkin untuk meraih views. Atau kamu bisa menyesuaikan dengan minatmu. Kalau kamu suka ASMR kamu buat konten ASMR atau jika kamu suka memasak kamu bisa membuat tutorial memasak.

Untuk membuat video kita hanya memerlukan kamera, laptop atau komputer buat mengedit video agar lebih bagus dan menarik. Kita harus bisa konsisten dan sering mengupload video.

3.     Menjadi tutor online

Buat kamu yang merasa menguasai mata pelajaran tertentu, bisa nih untuk menjadi tutor online. Pekerjaan ini bisa dilakukan didalam rumah. Apalagi ada wabah corona yang pastinya membuat orang-orang lebih suka menghabiskan waktu didalam rumah. Apalagi sekarang ini sekolah dilakukan secara online pastinya banyak pelajar yang kurang faham karena kurang efisien dan kondusif. Disinilah permintaan tutor online menjadi meningkat.

4.     Menjual stock foto atau photocard

Nah bagi pecinta korea pasti sering mencari photocard artis atau biasnya. Untuk kamu yang bisa mendesain atau membuat photocard artis kamu bisa memanfaatkanya. Apalagi pencinta Korea di Indonesia sangat besar dan banyak. Kamu bisa mejual hasil fotomu kepada mereka. Dari pada kamu hanya diam dirumah. Mending kamu gunakan untuk menjual hasil desain atau karyamu, selain mengasah kemampuan kamu juga bisa mendapatkan uang.

5.     Menjadi penulis

Nah buat kamu yang suka membaca, menulis atau membuat karangan. Kamu bisa memanfaatkan tulisanmu menjadi uang. Misalnya menulis novel, komik dan sebagainya. Dari pada tulisanmu hanya kamu simpan mending dijadikan uang. Siapa tau tulisanmu juga bermanfaat bagi orang lain.

6.     Menjadi seorang penerjemah atau translator

Keterbatasan bahasa menjadi peluang bagi para ahli bahasa, karena jasa penerjemahan masih banyak dicari perusahaan. Jika kamu banyak menguasi bahasa asing kamu bisa menggunakan ide ini. Dengan bermodalkan kemampuan bahasa asing kamu dapat menghasilkan uang. Biasanya jasa ini banyak dicari untuk menerjemahkan jurnal, dokumen-dokumen, makalah, dan lain sebagainya.

7.     Menghasilkan uang tambahan dengan menjual jasa desain grafis

Jika kamu punya keterampilan desain grafis, kamu bisa memanfaatkan untuk mencari uang tambahan. Kamu bisa mengerjakan dirumah hanya bermodalkan software desain dan jaringan internet kamu bisa menjual desainmu.

Nah itulah bebarapa tips cara mengatur keuangan dan tetap ada pemasukan ditengah pandemi. Selama dirumah saja kamu bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat dengan berkerja dirumah dan menghasilkan uang tambahan. Tetap semangat dan jaga kesehatan. Patuhi protocol dari pemerintah. Tetap dirumah saja jika tidak ada kegiatan yang penting dan mendesak. Jangan lupa pakai masker dan jaga jarak setiap diluar rumah, selalu cuci tangan setiap melakukan kegiatan.

       Oleh : Frista Nurcahyani KKN MDR DREAMER EDP IPMAFA 2020 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel