Cuci Tangan Dengan Baik Akan Bisa Membunuh Kuman


 Kangsoma.com-(Terteg Pucakwangi)Menurut WHO (World Health Organization) mencuci tangan adalah suatu prosedur atau tindakan membersihkan tangan dengan menggunakan sabun dibawah air yang mengalir atau hand rub dengan antiseptik berbasis alkohol. Mencuci tangan secara teratur dengan cara yang tepat akan dapat membunuh kuman dan virus yang ada di tangan yang secara tidak sengaja terpegang oleh tangan kita. Virus Covid-19 yang sedang melanda hampir seluruh dunia menjadi momok yang sangat ditakuti. Padahal Virus Covid-19 yang tidak sengaja terkontamitasi di tangan juga akan mati ketika kita mencuci tangan dengan benar minimal selama 20 detik. Dengan catatan kita tidak memegang hidung, mata, dan mulut sebelum mencuci tangan.

 

Anjuran untuk mencuci tangan tidak hanya dilakukan sebelum makan atau ketika sedang berada di luar rumah, namun juga ketika kita berada di dalam rumah. Seperti ketika kita memesan makanan dari luar, menerima paket,  dan lain sebagainya.

 

Mencuci tangan berdasarkan anjuran dari WHO adalah sebagai berikut :

1.     Basahi tangan dengan air mengalir, tuang sabun dan ratakan dengan menggosokkan pada kedua telapak tangan

2.     Gosok punggung tangan kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya

3.     Gosok telapak sela-sela jari tangan

4.     Gosok punggung jari tangan kanan pada telapak tangan kiri dengan jari sisi dalam kedua tangan saling mengunci

5.     Gosok ibu jari tangan kiri berputar dalam genggaman tangan kanan dan sebaliknya

6.     Gosokkan ujung kuku tangan dengan diputar di telapak tangan kiri, lakukan pada tangan satunya dan bilas dengan air yang mengalir, setelah itu keringkan.

 

Kenapa kuman atau virus bisa mati ketika kita mencuci tangan dengan sabun? Jawabannya karena struktur kuman atau virus bisa mati dengan komposisi yang dimiliki oleh sabun. Sabun punya komposisi yang banyak. Sabun wangi karena ada kandungan parfum, bisa cair atau padat karena ada kandungan gliserin, dan bisa membunuh kuman karena ada kandungan surfaktan. Surfaktan inilah yang membuat sabun punya kemampuan pembersih. Surfaktan sendiri ada beberapa macam, ada sodium lauryl sulphate, sodium palmate, dan masih banyak lagi.

 

Sabun dapat bekerja membunuh kuman atau virus itu ketika ada air sebagai pemicunya untuk mengaktifkan si surfaktan tadi. ketika surfaktan bertemu dengan kuman atau virus yang mempunyai lipid dengan bahan dasar lemak, maka lipid tadi akan rusak dan struktur genetic dari virus akan hancur berantakan. Setelah struktur tersebut hancur, maka air yang mengalir akan membawa sisanya luruh dari tangan.

 

Jika dalam kondisi tertentu ketika kita sedang berpergian, berada di luar rumah dan tidak menemukan air mengalir atau sabun untuk mencuci tangan, solusi lain yang dapat kita ambil adalah dengan menggunakan hand sanitizer. Berdasarkan anjuran dari WHO hand sanitizer yang dapat membunuh kuman dan virus adalah hand sanitizer yang berbasis setidaknya mengandung 60% alkohol. Namun cara ini tidak seefektif ketika kita mencuci tangan, karena tidak semua jenis kuman dapat mati ketika terkena hand sanitizer.

 

Ketika membeli hand sanitizer juga harus dicek terlebih dahulu izin edarnya dan juga kandungannya. Karena jika tidak tepat maka akan membuat kulit kita menjadi iritasi. Komposisi hand sanitizer yang dianjurkan oleh WHO adalah sebagai berikut (Puspensos.kemsos.go.id,17/04.20) :

1.     Reagen formula 1 : Ethanol 96%, Hydrogen peroxide 3%, Glycerol 98%, Sterile distilled or boiled cold water

2.     Reagen formula 2 : Isopropyk alcohol 99,8%, Hydrogen peroxide 3%, Glycerol 98%, Sterile distilled or boiled cold water

Di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir mari kita bersama-sama memutus rantai penyebaran virus Covid-19  dengan tetap memakai masker, menjaga jarak minimal 1 meter, hidup sehat dan rajin mencuci tangan.(Penulis : Siti Zumrotun KKN MDR EUVOLA IPMAFA 2020)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel