GENERASI MUDA HARUS MELEK TEKNOLOGI

Muhammad Aliya Maulana KKN MDR ASTAGINA 2020

Kangsoma.com(Pati)Di era digital sekarang ini, ilmu komputer atau dasar teknologi informasi seharusnya menjadi pelajaran wajib bagi setiap anak mulai dari pendidikan dasar, menengah, hingga atas. Tanpa penguasaan ilmu dasar komputer, anak akan kesulitan mengikuti perkembangan zaman yang sangat dinamis. Ditambah lagi dengan situasi pandemi Covid-19 sekarang ini, hampir semua sekolah di Indonesia mewajibkan peserta didiknya untuk mengikuti sekolah secara daring sehingga semua pelajaran dituntut untuk melakukan pembelajaran secara daring dengan komputer. Pemberian tugas yang harus dikerjakan melalui media komputer tidak bisa dipungkiri mau tidak mau siswa harus siap dan bisa mengoperasikan komputer, smartphone dan perangkat sejenis lainnya.

 

Meski demikian, tidak sedikit anak mengalami kesulitan dalam proses pengoperasian media pembelajaran modern. Baik dari fungsi-fungsi menu yang berada di dalam perangkat maupun aplikasi-aplikasi lain yang menjadi pendukung. Contoh paling mudah adalah Microsoft Office yang paling sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Mengetik dan membuat laporan seperti membuat makalah, artikel, laporan-laporan dan mengerjakan tugas yang diberikan dari sekolah merupakan beberapa kemampuan yang dapat dioperasikan oleh komputer melalui aplikasi Office, baik Office Word, Excel, Power Point untuk presentasi, maupun aplikasi lainnya dan masih banyak juga aplikasi yang terdapat di dalamnya. Akibatnya, tugas tidak dapat terselesaikan dengan maksimal.

 


Melihat kendala tersebut dan sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, dalam kegiatan KKN Ipmafa ini saya berinisiatif mengadakan pelatihan komputer dengan mengenalkan Microsoft Office Word sebagai media untuk mengolah kata, Microsoft Office Excel untuk mengolah data dan Microsoft Office Power Point untuk presentasi.

 

Microsoft Office mampu mengetahui, memahami dan menguasai pengetahuan teknologi dasar untuk keperluan kegiatan belajar-mengajar dalam dunia pendidikan. Dengan begitu anak-anak pada akhirnya siap menghadapi tantangan era digital yang semakin berkembang karena sudah mengenal dasar-dasar pengoperasian komputer sebagai sarana untuk bergerak di era digital.( Oleh: Muhammad Aliya Maulana KKN MDR ASTAGINA IPMAFA 2020)


 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel