Tips Hidup Sehat Di Masa Pandemi

Siti Mu'minatun KKN MDR NANDIKA 2020

Kangsoma.com(Jakenan)Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, semboyan itu tampaknya sangat cocok diterapkan terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. Seperti telah kita ketahui bersama bahwa langkah pencegahan paling dini terhadap penularan virus corona adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Lantas bagaimana melaksanakan pola hidup sehat itu?

 

Pola hidup sehat sendiri dapat didefinisikan sebagai perilaku hidup dimana kita sangat menjaga hal-hal yang bisa berpengaruh kepada kondisi kesehatan kita, mulai dari menjaga pola makan, olahraga teratur dan lain sebagainya.

 

Di masa pandemi seperti sekarang ini, menjaga pola hidup sehat dan bersih tentu banyak sekali manfaatnya.

1.       Tentu kita bisa terhindar dari penularan virus corona. Karena pada dasarnya virus apapun termasuk virus corona, akan lebih mudah menginfeksi tubuh-tubuh yang rentan. Sementara bagi tubuh-tubuh yang kuat, yang metabolismenya terjaga dengan baik tentu akan sulit diinfeksi oleh virus penyakit.

2.       Terbentuknya sistem kekebalan tubuh yang kuat. Sebagaimana kita ketahui, di dalam tubuh kita di karuniai oleh Tuhan sebuah sistem imun atau sistem kekebalan tubuh yang menjadi benteng kokoh bagi kesehatan tubuh kita. Namun sayangnya sistem imun ini tidak selamanya kuat, melainkan bisa saja pada saat tertentu menjadi lemah, semua bergantung pada bagaimana kita menjalani pola hidup.

3.        Kulit menjadi lebih cantik. Hal ini bisa terjadi karena pola hidup sehat menjadikan sel kulit mampu beregenerasi dengan baik dan bebas dari racun jahat.

4.       Dari menjaga pola hidup sehat adalah terciptanya kesehatan mental. Dengan perilaku hidup yang teratur maka dengan sendirinya akan menjadikan mentalitas kita menjadi sehat pula.

5.        Insya Allah menjadikan kita panjang umur. Berbagai manfaat yang bisa kita peroleh seperti dijelaskan di atas, maka ujung dari semua itu adalah kita memiliki kesempatan untuk bisa hidup lebih lama.

 

Dari sekian manfaat yang luar biasa yang bisa kita dapatkan dari menjalani pola hidup sehat, lantas bagaimanakah cara kita menjalani atau mempertahankan pola hidup sehat di masa pandemi seperti sekarang ini, dimana segala sesuatunya serba terbatas dan tak menentu? Berikut adalah tips-tips yang bisa kita lakukan:

1.       Mengkonsumsi Buah, Sayur dan Air Putih

Cara mudah pertama untuk menjalani pola hidup yang sehat adalah dengan mengkonsumsi  makanan yang sehat pula. Itu bisa diperoleh dengan menkonsumsi buah-buahan, sayur dan minum air putih. Dengan menkonsumsi buah dan sayur secara teratur dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita dan itu berarti mencegah tubuh dari penularan berbagai macam penyakit. Sedangkan meminum air putih akan bermanfaat bagi sempurnanya kinerja sistem tubuh.

 

2.       Olahraga Teratur

Olahraga merupakan salah satu ciri pola hidup sehat. Dengan berolahraga secara teratur dapat menjaga daya tahan tubuh tetap bagus. Dengan berolahraga, meskipun dengan cara yang sederhana seperti senam, lari-lari kecil, juga akan menjaga suasana hati menjadi lebih fresh. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, menjaga pikiran tetap tenang adalah kunci utama melawan serangan virus penyakit.

 

3.       Istirahat yang Cukup

Salah satu pola hidup sehat yang bisa dilakukan dengan mudah adalah istirahat. Di masa pandemi seperti sekarang ini, dimana aktivitas tidak sebanyak sebelumnya maka istirahat menjadi hal yang lumrah dilakukan. Apalagi dengan istirahat yang cukup dapat memberikan dampak yang bagus bagi kesehatan kita.

 

4.       Berpikir Positif

Banyaknya masalah yang timbul akibat pandemi Covid-19 ini, membuat masyarakat menjadi cemas dan khawatir, padahal hal ini justru membuat masyarakat menjadi rentan tertular penyakit. Oleh sebab itu penting sekali bagi kita untuk tetap berpikir positif, karena dengan berpikiran positif maka perasaan akan lebih tenang dan lebih siap menghadapi apapun.

 

5.       Menjaga Kebersihan

Salah satu hal penting yang dapat dikerjakan selama pandemi adalah dengan menjaga kebersihan, diantaranya sering mencuci tangan, mandi terutama setelah beraktifitas di luar rumah, dan lain sebagainya. Karena dengan menjaga kebersihan akan mencegah masuknya virus penyakit ke dalam tubuh kita.

 

Demikianlah beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga pola hidup yang sehat di masa pandemi ini. Dengan melakukannya diharapkan kita akan terhindar dari berbagai virus penyakit , terutama virus corona, sekaligus ikut berperan dalam memutus mata rantai penularan virus corona. ( Penulis : Siti Mu’minatun KKN MDR NANDIKA IPMAFA 2020)


 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel