Manfaat Kopi


 

Menurut Wikipedia, kopi berasal dari kata _qohwah_ yg artinya kuat. Pengertian dari kuat adalah mampu menguatkan imun dalam tubuh kita mengatasi depresi atau kecemasan Kopi juga mempunyai aroma yg khas, wangi. Sehingga banyak orang yg suka. Banyak orang menggemari kopi, tak hanya kaum laki laki saja, namun perempuan juga menyukainya. Apalagi di daerah pedesaan tempat saya tinggal yaitu di Desa Guwo, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati. Karena berdasarkan penuturan warga di desa saya, selama ini mereka yang terbiasa meminum kopi, ketika satu hari tidak minum kopi katanya pusing dan menjadi lemas. Mengapa demikian?

Karena orang yang sudah mengalami kecanduan kopi ketika ia tidak minum kopi seharian akan merasa kehilangan daya fokus dan menurunnya konsentrasi. Mungkin karena adanya kandungan kafein yang terdapat pada kopi. Dan sebagian dari mereka berpendapat bahwa kandungan kafein dapat meningkatkan konsentrasi. Meskipun tidak ada hubungannya antara kopi dengan lemas tetapi itulah yang mereka (para pecandu kopi) rasakan ketika mereka tidak meminum kopi seperti ada sesuatu yang hilang .

Meski tidak tampak romantis, setidaknya kopi adalah bahasa cinta paling jujur dan dramatis.

Kopi juga mengandung banyak kafein, kandungan kafein pada kopi memiliki efek yg beragam pada setiap manusia, beberapa orang akan mengalaminya secara langsung sedangkan orang lain tidak merasakannya sama sekali hal ini terkait dengan sifat genetika yg dimiliki setiap masing-masing individu terkait dengan kemampuan Metabolisme tubuh dalam mencerna kafein.

Mengenai efek negatif meminum kopi bagi tubuh seperti meningkatknya terkena kanker, diabetes melitus tipe 2, insomnia, penyakit jantung, dan kehilangan konsentrasi, Dilansir dari Wikipedia, selain kafein kopi juga mengandung senyawa antioksidan dalam jumlah yang cukup banyak. Adanya anti oksidan dapat membantu tubuh dalam menangkal efek pengrusakan oleh senyawa radikal bebas seperti kanker, diabetes, dan penurunan respon imun.

Nah tapi teman-teman tidak perlu khawatir karena kopi juga mempunyai banyak manfaat seperti yang dilansir dari alosehat.com diantaranya:

1. Mencegah depresi

2. Meningkatkan daya ingat

3. Mencegah penurunan fungsi otak

4. Menurunkan berat badan

5. Mencegah diabetes

6. Menurunkan resiko penyakit jantung.

Kopi juga bisa digunakan dikehidupan sehari-hari mulai dari minuman, kesehatan, wewangian, hingga perawatan tubuh,

Manfaat kopi untuk kulit seperti:

1. Mengangkat kulit mati

2. Membantu menghilangkan selulit

3. Mengecilkan pori-pori

4. Anti aging

5. Mengecilkan mata panda

6. Mengatasi jerawat

Nah jadi gitu teman-teman. Tidak perlu ragu bagi teman teman pecinta kopi karena kopi juga memiliki banyak manfaat asalkan minumnya tidak terlalu berlebihan, ya. Karena bagi saya sendiri kopi adalah minuman yang nikmat, dan Kopi merupakan 'kunci' dari sebuah inspirasi.Tanpa inspirasi jiwa-jiwa seni akan mati.

Penulis: Nurul Laila Lutfiyatuzzakiya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel